Makanan Khas Kalakan Pacitan

Sayur kalakan atau nasi kalakan merupakan salah satu wisata kuliner Pacitan yang wajib di coba jika berkunjung ke Pacitan.... Artikel selengkapnya silahkan menuju ke bawah.
Makanan Khas Kalakan Pacitan

Kabupaten Pacitan bukan hanya di kenal karena obyek wisata alamnya. Di balik pamornya sebagai Kota 1001 Goa, Pacitan juga menjadi surga bagi pecinta kuliner. Ini karena banyaknya ragam menu yang di tawarkan, salah satunya kalakan. Kalakan merupakan lauk berbahan baku daging ikan hiu.

Makanan Khas Pacitan, Kalakan


Sayur kalakan atau nasi kalakan merupakan salah satu wisata kuliner Pacitan yang wajib di coba jika berkunjung ke Pacitan. Pasalnya, sayur kalakan ini kuliner yang paling populer dan banyak di gemari wisatawan lokal maupun mancanegara.

Tidak heran jika sayur kalakan di jadikan ikon yang menggambarkan kota 1001 goa Pacitan. Sayur kalakan ini berbahan dasar daging ikan kelong (hiu) yang di masukkan dalam saus santan yang mempunyai rasa pedas. biasanya sayur ini di sajikan sebagai pelengkap nasi tiwul.

Cita rasa sayur kalakan ini memberikan sensasi berbeda merasakan hidangan laut. Untuk mendapatkan sayur kalakan ini tidak perlu bingung, karena sayur kalakan mudah di temui. Sementara mengenai harganya relatif terjangkau jadi bisa di nikmati berbagai kalangan.

Sedangkan untuk membuat sayur kalakan ini tidaklah sulit. daging ikan hiu atau bisa di ganti dengan daging ikan pe asap di tusuk dan di bakar menggunakan lidi.

Berikut resep lengkapnya untuk hasil 13 porsi :

200 gram ikan hiu atau pe asap di potong potong di tusuk ke lidi dan di bakar
2 siung bawang putih di iris iris
3 butir bawang merah di iris iris
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas di memarkan
6 lembar daun jeruk di buang tulang daunnya di sobek sobek
3 buah cabai merah besar di iris serong
1 1/4 sendok teh garam
1 1/4 sendok teh gula merah sisir
700 ml santan dari 1/2 butir kelapa
2 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu halus :

3 buah cabai merah keriting
1 buah cabai merah besar
3 siung bawang putih
5 butir bawang merah
3 butir kemiri, disangrai
1 cm kunyit, dibakar
1 1/2 cm kencur

Cara membuatnya :

1. Panaskan minyak. Tumis bawang putih, bawang merah, daun salam, lengkuas, dan daun jeruk sampai layu. Masukkan bumbu halus. Tumis sampai harum.
2. Tambahkan cabai merah besar. Aduk sampai layu. Masukkan santan, garam, dan gula merah. Masak sampai mendidih dan matang.
3. Sajikan ikan pe asap di atas mangkuk. Siram dengan tumisan bumbu. Dan siap di sajikan.

Untuk lebih mengetahui berbagai tempat wisata di kota Pacitan, silahkan kunjungi berikut :
Note : Jika ada masalah terkait content di blog ini, silahkan anda menghubungi kami.
Contact / Phone / WA : 085203781053