Bukit Bowongan Kebonagung Pacitan

Bukit Bowongan terletak di Desa Wonogondo, Kec. Kebonagung, Kabupaten Pacitan.... Artikel selengkapnya silahkan menuju ke bawah.
Bukit Bowongan Kebonagung Pacitan

Bukit Bowongan terletak di Desa Wonogondo, Kec. Kebonagung, Kabupaten Pacitan pada ketinggian 515 meter dari permukaan laut sehingga udara terasa dingin dan sejuk. jaraknya 15 menit dari kota Pacitan, kita dapat melihat lampu kota di waktu malam.

Bukit Bowongan

Di wilayah Bukit Bowongan terdapat sebuah goa dengan panjang 75 m lebar 25m. Uniknya gua itu seperti trowongan yang menembus tubuh perbuki­tan. Pemandangan stalaktit setalakmit menghiasi dinding-dinding goa, sehingga berjalan di sepanjang terowongn itu menyaksikan lukisan di atas batu yang di pahat secara alamiah. Keindahan lain dari Wonogondo ada­lah Sumber Genthong yang merupa­kan mata air di atas batu. Air di Sumber Genthong ini tidak akan mongering. Itu sebabnya airnya konon di percaya bisa membuat awet muda.

Bukit Bowongan merupakan salah satu potensi terpendam Desa Wonogondo yang selama ini belum di garap secara optimal. Dari atas Bukit Bowongan, kita dapat menikmati keidahan Kota Pacitan sampai ke laut. Selain itu, di atas bukit terdapat Gua yang cukup indahn Namun sayangnya, akses menuju gua tersebut masih belum bisa di lewati kendaraan bermotor. Pintu Gua juga masih tertutup Batu Besar sehingga ketika masuk gua masih harus terjun dari atas ke bawah. masih di perlukan sentuhan dari berbagai pihak agar Bukit Bowongan bisa di kembangkan sebagai Objek Wisata.

Dari Bukit Bowongan kita dapat melihat Kota Pacitan sekaligus tempat wisata laut Pantai Teleng Ria. Dari tempat tersebut juga terlihat bukit-bukit yang mengelilingi seluruh wilayah Kota Pacitan baik bukit di sebelah Barat, Selatan maupun bukit di Sebelah Utara, sehingga panorama alam seputar kota Pacitan terlihat sangat indah. Bukit Bowongan terletak pada ketinggian 515 meter dari permukaan laut sehingga udara terasa dingin dan sejuk.

Jarak Bukit Bowongan dengan Ibu Kota Kecamatan Kebonagung adalah 11,5 Km, sedangkan jarak dengan Ibu Kota Kabupaten Pacitan sepanjang 09 Km. Jarak yang tidak begitu jauh dari pusat kota dengan berbagai potensi yang dimiliki sangat memungkinkan untuk dikembangkan.

Bukit Bowongan dengan luas kurang lebih 65 Ha terletak tepat di pinggir jalan raya Pacitan – Lorok bisa dikembangkan diantaranya Tempat Peristirahatan / rest area, Hotel, Rumah Makan, Kios-kios Souvenir maupun Villa dan tempat pertemuan / meeting room.

Panorama kota Pacitan yang indah dapat terlihat jelas dari Bukit Bowongan, apalagi keindahan lampu-lampu kota di malam hari. Di wilayah Bukit Bowongan juga terdapat sebuah Gua dengan panjang sekitar 75 m dan lebar 20 m. Stalaktit dan Stalakmit di dalam Gua tampak indah. Ujung dari Gua tersebut tembus pada sisi tebing, sehingga persediaan Oksigen dapat mencukupi bagi pengunjung dan pengunjung bisa menikmati keindahan alam dari bagian tembusan ujung Gua.

Selain Gua di wilayah Bukit Bowongan juga terdapat Area Sumber Genthong yang berbentuk bukit-bukit kecil. Sumber Genthong merupakan mata air di atas batu yang tidak akan mengering walaupun di musim kemarau. Konon air tersebut mempunyai khasiat tampak awet muda bagi pengunjung yang cuci muka dari sumber air tersebut.

Untuk lebih mengetahui berbagai tempat wisata di kota Pacitan, silahkan kunjungi berikut :