25 Mei 2015

Nasi Tiwul Sambel trasi dengan lalapan daun kemangi, kemudian di campur dengan lauk lele goreng, dengan satu porsi nasi tiwul. Nasi yang sudah jarang sekali di nikmati oleh masyarakat Pacitan ini adalah merupakan masakan khas daerah pacitan sejak dulu.

Makanan Khas Kota Pacitan


Membicarakan Pacitan memang tidak pernah ada habisnya ya sobat traveler. Keindahan alamnya yang memukau, pegunungan, perbukitan rasanya tak habis di kagumi bagi siapapun yang mengunjungi salah satu kota di Jawa Timur ini. Selain itu, deretan pantai yang memukau, keindahan yang berjajar deretan sepanjang pantai itu pun menjadi surga dan nirwana tersembunyi di kota yang mendapat julukan negeri seribu goa ini.

Selain itu yang tidak di sangkal lagi dari Pacitan adalah wisata kulinernya. Wisata kuliner yang unik dan tidak di temukan di kota kota lain di Indonesia bisa sobat traveler temukan di sini. Kota yang juga menjadi kampung halaman mantan presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono ini selalu menarik untuk di kupas dan di simak segala yang menarik di dalamnya. Salah satunya Nasi Tiwul Bu Gandos.

Warung Makan Sari Laut Bu Gandos

Ingin bernostalgia dengan menyantap sajian sajian khas jaman dahulu kala? Di sinilah tempatnya. Nasi Tiwul Bu Gandos yang terletak di Jalan Solo Pacitan ini selalu ramai di kunjungi para wisatawan yang tidak hanya dari dalam kota Pacitan sendiri melainkan dari luar kota Pacitan pula. Resto yang nama lengkapnya Restoran Sari Laut Bu Gandos ini menyajikan nasi putih, nasi tiwul, serta aneka masakan seafood yang menggugah selera lho sobat traveler.

Salah satu menu andalannya adalah nasi tiwul yang di padu dengan sayur kalakan hiu atau sayur ikan hiu. Eits, tenang saja sobat traveler, sayur ini tidak benar benar berasal dari ikan hiu kok. Ikan yang di masak dalam sayur kalakan ini hanya ikan biasa yang mempunyai bentuk tubuh hampir seperti ikan hiu. Tiwul yang tidak lembek dan cenderung kenyal, berwarna kecokelatan dan terasa manis ini menjadi primadona di resto milik Bu Gandos. Ikan yang di gunakan di sayur kalakan hiunya pun di masak dengan bumbu bumbu khas, santan, sehingga bentuknya seperti sayur mangut. Selain sayur dan nasi tiwulnya sobat traveler dapat menambahkan lalapan atau sambal terong yang maknyus dan menggugah selera sehingga membuat siapapun yang menyantapnya akan ketagihan.

nasi tiwul pacitan

Nah, bila sobat traveler tengah menuju Pacitan atau berencana ke Pacitan pada saat liburan nanti dan melewati Jalan Solo Pacitan, jangan lupa mampir untuk menyicipi nikmatnya Nasi Tiwul Bu Gandos ini, ya.

Penasaran?
Langsung saja menuju ke alamat Nasi Tiwul Bu Gandos (Restoran Sari Laut bu Gandos) : Jalan Solo-Pacitan KM 5. Jam operasional: 08.00 – 17.00 WIB. Harga 1 porsi nasi tiwul dan sayur kalakan hiu : Rp 10.000,- (harga sewaktu waktu dapat berubah).

Semoga Liburan Anda Menyenangkan