Alat Copy Data IC Memori Multi Fungsi


Sudah jadi pekerjaan sehari hariku bidang electronic ini. bukan saya sombong atau pamer, tapi ini cuma berbagi pengalaman saja serta untuk menyimpan pengalaman dan menambah data artikel di blog ini. mungkin bagi sobat tuser sudah banyak yang tau dan pakai alat ini.

Alat copy memori ini sangat penting dan banyak banget manfaat kegunaanya bagi diriku untuk membantu dalam menyelesaikan pekerjaan service electronic. kegunaanya sangat penting untuk membenahi hampir keseluruhan perangkat yang mengalami kerusakan error eprom alias data pada memori tidak normal.

Yang biasa saya lakukan pada alat ini, yaitu untuk meng copy data memori apa saja, yang memorinya itu punya kaki 8, baik yang memori versi besar, biasa di gunakan pada perangkat versi lama. maupun memori versi kecil tipis (Micro) yang biasa di gunakan perangkat versi baru, yang saya maksudkan bukan memori yang di pakai untuk Hp dan sejenisnya loh. tapi memori yang biasa di pakai dalam mesin TV, Digital Parabola, Dvd, Monitor, dll.

Karena banyaknya produck baru, terkadang bentuk ukuran dan nomornya banyak variasinya. tapi pada dasarnya cara kerjanya sama. baik itu besar maupun kecil.

Contoh memori yang saya maksud untuk normal nomornya :
➪ 24C01
➪ 24C02
➪ 24C04
➪ 24C08
➪ 24C016

Contoh manfaatnya kurang lebih berikut :

Ketika kita membenahi perangkat yang tidak normal pada memorinya, maka kita tidak susah maupun pusing cari data atau seting data yang belum tentu kita tau. syaratnya kita wajib punya master IC memori untuk di tirukan datanya.

Caranya agar kita punya master memori cukup mudah, tp ya cukup sabar. ketika kita dapat pasien/user dengan kerusakan bukan pada memorinya, dan data memori pada produck tersebut masih original (normal), kita tinggal meng copy data dari IC Memori Original pada produck tersebut, dan kita simpan pada IC Memori Baru alias kosong. kemudian untuk setiap memori yang kita koleksi dari hasil copy tadi, di kasih keterangan per merk/type/produck dan di bungkus plastik klip per memori. tujuanya agar kita mudah mencarinya ketika kita sedang membutuhkannya.

Jadi kesimpulanya kita wajib mengkoleksi banyak memori yang sudah terisi data dari memori produck tertentu untuk di koleksi. Suatu saat kita menemui kerusakan pada produck tertentu, tinggal copy dari master koleksi kita ke memori baru. Ingat, setiap memori pastikan sudah di kasih keterangan yang jelas,

Ambil contoh, ketika ada kerusakan memori pada TV PANASONIC New Gold. maka kamu harus sudah punya master memori TV PANASONIC New Gold yang kamu dapat dari hasil copy TV PANASONIC New Gold pasien sebelumnya yang masih original (normal). disinilah yang saya sebut dengan sabar. kita bisa punya master memori jika kita telah dapat pasien yang masih normal memorinya. maka saya sarankan, jika dapat pasien yang memorinya masih normal, segera lakukan copy datanya ke memori baru (kosong) agar kita puya banyak koleksi master memori.

Kalau kita sudah punya master memori dengan merk/type/produck yang banyak, kan enak jadinya untuk kasus kerusakan data memori berikutnya. tinggal tancapkan memori master dan memori baru (kosong) dan cuzzzz, beres.

Untuk cara meng copy data memori tersebut, sekilas gambaran serta keterangan berikut mungkin bisa menjelaskan yang saya maksudkan. ini aku ambil contoh dari alat copy saya ya, mungkin pada alat copy lain ada bedanya, tapi inti tujuanya pasti sama. Alat copy data IC memori ini sudah banyak tersedia di Toko toko Electronic.dan harganya pun bervariatif cukup terjangkau.

support :
Toko Electronic IRB (Indah Ria Baru) perempatan Balong, Ponorogo.

Alat copy yang versi otomatis lebih gampang :
➪ Nomor IC memori master dan IC memori baru usahakan sama.
➪ Tancapkan IC memori master ke slot 1 dan IC memori baru ke slot 2 atau 3.
➪ Terus tombol power on, nyala lampu berkedip kedip tunggu proses hingga selesai,
➪ Terakhir tanda selesai adalah lampu berkedip berubah menyala terus, dan tinggal tombol saklar off.
➪ Cabut semua IC memori, silahkan coba di perangkat anda.

Versi otomatis bisa lihat gambar berikut


Slot 1 = Kiri (Untuk Master IC Memori)
Slot 2 = Tengah (Untuk IC Memori New/Kosong)
Slot 3 = Kanan (Untuk IC Memori New/Kosong)

Alat copy yang versi manual (pakai saklar pilihan) :
➪ Nomor IC memori master dan IC memori baru usahakan sama.
➪ Tancapkan IC memori master ke slot 1 dan IC memori baru ke slot 2 atau 3.
➪ Pada saklar pilihan geser untuk funsi nomor yang hendak di copy Saklar ke posisi :
(02) di fungsikan untuk meng copy IC memori nomor belakang 01 dan 02
(04) di fungsikan untuk meng copy IC memori nomor belakang 04
(08) di fungsikan untuk meng copy IC memori nomor belakang 08 dan 16
➪ Terus tombol power on, nyala lampu berkedip kedip tunggu proses hingga selesai,
➪ Terakhir tanda selesai adalah lampu berkedip berubah menyala terus, dan tinggal tombol saklar off.
➪ Cabut semua IC memori, silahkan coba di perangkat anda.

Versi manual bisa lihat gambar berikut


Slot 1 = Kiri (Untuk Master IC Memori)
Slot 2 = Tengah (Untuk IC Memori New/Kosong)
Slot 3 = Kanan (Untuk IC Memori New/Kosong)

Itulah tadi pengalaman yang bisa saya bagi, karena memang itu kenyataan pengalaman yang sering saya lakukan ketika membenahi perangkat electronic yang mengalami kerusakan pada data memori.

Semoga bermanfaat.
Selamat Sore.
Note : Jika ada masalah terkait content di blog ini, Silahkan anda menghubungi kami Di Contact ini.