Cara Mengatasi TV Sharp STR G5653 Regulator Tidak Stabil

Mengatasi televisi SHARP yang regulator finalnya pakai STR G5653 / STR G5654 tegangan out nya tidak mau stabil.... Artikel selengkapnya silahkan menuju ke bawah.

Assalam.

Di sini saya berbagi pengalaman yang pernah saya alami, bukan saya merasa pandai atau sombong, tapi saya cuma berbagi saja. Mungkin ada teman sobat tukang service electronic yang mengalami kendala kasus pada televisi SHARP yang regulator finalnya pakai  STR G5653 / STR G5654 tegangan out nya tidak mau stabil.

Langsung saja pada titik permasalahan. Suatu hari saya di mintai tolong sama tetangga, di suruh membenahi televisinya yang keluhanya kadang mau start tapi kadang juga tidak mau start. Setelah televisi merk SHARP aku buka dan coba cek, ternyata benar apa keluhan tetangga tadi, kadang on kadang off.

Saya langsung tertuju pada final regulatornya, saya coba ganti STR G5653 / STR G5654,  tapi setelah saya hidupkan ternyata keluhan masih tetap sama saja. Coba ganti coupler adjust dan semua componen dari resistor, capasitor, elco dan lain lain  pada seluruh rangkaian regulator juga masih saja tidak mau stabil. Setelah lama aku cari cari apa penyebabnya tidak ketemu ketemu juga,  akhirnya kepala sudah mulai pusing bercampur emosi.

Tinggal minum kopi dulu dan nyalakan sebatang rokok, hisap minum, hisap minum, sampai terasa santai kembali. Terpikir olehku untuk melihat lihat dan memahami pada regulator tv lain yang pakai STR G5653 / STR G5654, ternyata eh ternyata kok ada yang tidak pakai coupler dan kit adjust. Langsung bergegas dengan semangat yang membara aku praktek kan pada kasus televisi Sharp yang tegangan out regulatornya tidak mau stabil tadi, coba aku copot coupler dan kit adjust, di luar dugaan dari prosedur rakitan standart, tegangan justru mau stabil alias normal.

Biar lebih jelas bisa lihat pada gambar di bawah ini :


Jadi kesimpulan yang saya dapatkan, bahwa tegangan out tidak mau stabil di karenakan adjust yang di perintah dari ic program nya tidak stabil atau perintahnya yang tidak stabil. Ya mungkin pada kasus seperti ini tidak semuanya sama. tapi tidak ada salahnya kalau menemukan kasus yang serupa pengalaman ini bisa sobat coba. Mudah mudahan apa yang bisa saya bagikan ini bermanfaat dan bisa membantu pada kasus kasus yang serupa.

Habiskan kopi dulu biar tidak mubadzir. mata sudah mulai ngantuk dan juga capek, lebih baik tidur dulu.

Wassalam.
Note :
Jika ada masalah terkait content di blog ini, Silahkan anda menghubungi kami.
Page : Contact, Facebook : Lorok-TM, Phone / WA : 085203781053