Tentang Kecamatan Ngadirojo Pacitan terdiri dari 18 Desa

Kecamatan Ngadirojo adalah salah satu kecamatan di Kabupaten Pacitan. Lorok atau Lorog adalah nama kecamatan ini yang juga populer.... Artikel selengkapnya silahkan menuju ke bawah.

Kecamatan Ngadirojo adalah salah satu kecamatan di Kabupaten Pacitan. Lorok atau Lorog adalah nama kecamatan ini yang juga populer. Pacitan terletak di kordinat 8° 13′ 0″ Lintang selatan, 111° 19′ 0″ Bujur Timur.

Geografis dan Kependudukan Kecamatan Ngadirojo


Batas Wilayah :
* Sebelah timur = Kecamatan Sudimoro
* Sebelah utara = Kecamatan Slahung Kab. Ponorogo
* Sebelah Barat = Kecamatan Tulakan
* Sebelah Selatan = Samudera Indonesia

Denah Kecamatan Ngadirojo

Ketinggian dari permukaan laut antara 10 – 750 M. Iklim dan curah hujan di Kecamatan Ngadirojo di pengaruhi oleh keadaan yang sebagian besar dataran rendah dengan curah hujan rata-rata berkisar 2.742 mm / tahun dan suhu antara 22 0 C sampai dengan 26 0 C. Kondisi hidrologi di Kecamatan Ngadirojo dilalui oleh sungai yang berhulu dibagian utara dan pada umumnya sungai – sungai tersebut dipergunakan untuk pengairan sawah dan tempat pencarian ikan. Jumlah penduduk Kecamatan Ngadirojo sampai dengan bulan Juni 2010 sebanyak 49.164 jiwa terdiri dari :  laki – laki : 24.061 dan perempuan : 25.103. Mata pencaharian penduduk : Mayoritas Petani, Pedagang, PNS, Swasta, Nelayan, Pengrajin, Seniman-Seniwati, Sopir, Dll.

Kantor Camat Baru

Kantor Camat Lama

Berikut daftar nama desa di kecamatan Ngadirojo Pacitan :
(Klik untuk mengetahui profil setiap Desanya)




















Komoditas

Padi, Palawija, Cengkeh, Kelapa, Kakao, ikan laut. Daerah Sawah pertanian yang dapat ditanami Padi ialah Cokrokembang, Ngadirojo, Wiyoro, Tanjung Puro, Hadiluwih, Hadiwarno. Tanaman Kakao yang baru beberapa tahun ini dikenalkan tumbuh subur di semua area yang menjadi ladang percontohan. Sedangkan Cengkih ditanam di Wonokarto dan Cokrokembang. Dua Desa yaitu Hadiwarno dan Sidomulyo memiliki potensi yang lebih baik, karena terletak di pinggir pantai. Disini tangkapan ikan dan lobster dihasilkan, hasilnya dikonsumsi penduduk dan dijual ke luar daerah.

Potensi pariwisata

Pantai Taman di Desa Hadiwarno Pantai Soge, Pantai Puring, Pantai Anakan di Desa Sidomulyo merupakan obyek wisata utama yang dimiliki Lorok. Pada Dua hari Lebaran, biasanya wisatawan lokal membludak mengunjungi pantai dengan garis pantai sekitar 10 km ini. Ombaknya yang besar dan akses masuk yang mudah merupakan daya tarik pantai, namun sebaiknya pengunjung tidak mencoba untuk mandi disini.hal ini dikarenakan ombak laut selatan yang besar dan untuk keamanan. Retribusi masuk dikenakan 1000 rupiah pada dua hari lebaran oleh pengelola setempat. dengan keindahan tebing pinggir pantainya yang indah. Lokasinya mudah dicapai dengan kendaraan bermotor.

Pantai Anakan merupakan lokasi unik karena dangkal, ideal bagi yang ingin mencoba mandi di air laut, hal ini dikarenakan posisi teluk yang menyerupai kantong sehingga arus lautnya tidak begitu kuat. Disini pengunjung bisa membeli ikan tangkapan segar dari nelayan dengan harga yang relatif murah, dan jika berminat dapat sekaligus dengan dibakar.

Home Industri masyarakat yang sangat potensial untuk di kembangkan

Sentra usaha kerajinan tersebar di semua daerah dengan volume yang kecil. Usaha kerajinan Batik Tulis di Bogoharjo mampu menembus pasar Bali melalui peran distributor. Usaha pembuatan makanan kecil berupa kolong klethik tersebar di bodag dan cangkring. Lorok juga terkenal dengan Sale pisangnya yang unik karena dibungkus dengan daun pisang kering sehingga memberikan aroma tersendiri, namun sekarang agak sulit menemukan produk sale pisang dengan kemasan daun pisang kering, karena tergantikan dengan kemasan plastik yang lebih praktis.

Sentra Pengrajin Batik Tulis :

Desa Bogoharjo
– Batik Canthing Jaya
– Batik Puspita
– Batik Canting Emas

Desa Cokrokembang
– Batik Puri

Desa Wiyoro
– Batik Tengah Sawah

Sentra Pengrajin Emping Mlinjo :
Desa Nogosari
Desa Cangkring
Desa Tanjunglor

Sentra Kripik Pisang, Singkong, Talas :
Desa Wonodadi Kulon
Desa Hadiluwih
Desa Wiyoro
Desa Pagerejo
Desa Tanjungpuro

Sentra Kolong Klithek :
Desa Bodag
Desa Cangkring

Sentra Gula Kelapa, Gula Aren :
Desa Wonosobo
Desa Wonoasri
Desa Wonokarto
Desa Sidomulyo
Desa Hadiwarno

Sentra Pengrajin Pandai besi :
Desa Wonokarto
Desa Pagerejo
Desa Tanjungpuro

Kesenian adat :
Kesenian Oglor di Desa Wonokarto
Kesenian Jangkrik Genggong di Desa Sidomulyo

Informasi tambahan

Kode pos Ngadirojo : 63572 Akses telepon masih satu Zona lokal dengan Kota Pacitan (Kode area 0357) kebanyakan nomer berawalan 441 Layanan telekomunikasi seluler telah ada di kawasan ini yaitu dari telkom Fleksi dan Telkomsel. Akses Internet secara terbatas dengan koneksi  Telkomnet Instant (080989999) Rental Komputer sudah ada dibeberapa lokasi dengan pelayanan seperti ketik dan printing dan scanning Transportasi angkutan umum tersedia bus jurusan Ngadirojo-Trenggalek, Ngadirojo-Pacitan, angkutan umum Ngadirojo-Tulakan-Pacitan, ojek, dan becak, angkutan Lorok Pacitan. Ngadirojo-Trenggalel. Ngadirojo-Tulakan. bus travel atau carteran juga tersedia. Kondisi jalan semua sudah diaspal untuk jalur utama desa-desa.Pelayanan listrik PLN masuk mulai th.1994 Kanal televisi ada di VHF, terdapat beberapa relay Pemancar TV antara.lain, milik Pemda di Kantor kecamatan, di atas Baran Cokrokembang, Wonodadi Kulon, Pagerjo, Hadiluwih, dan Hadiwarno.

Stasiun radio yang ada : GEMILANG FM 94.40 MHz, Dengan Daya pancar maksimum yang diijinkan pemerintah dengan coverage Radio di pacitan jawa timur yang mencakup Kecamatan Ngadirojo, Sudimoro, Tulakan, Kebonagung, Pacitan, Arjosari, Tegalombo, Nawangan, Bandar, Punung, Donorojo, Pringkuku,Kabupaten Ponorogo,Trenggalek, Madiun, Wonogiri, Wonosari, Baturetno Jawa tengah, Dengan antenna dan receiver yang bagus sinyal radio FM komersial dari Kota Pacitan, Kota Madiun, Ponorogo atau bahkan Surabaya dapat ditangkap dengan baik.

Even tahunan terbesar: Lebaran dan Agustusan Bagi pengguna jalan dari arah Trenggalek yang menuju Kota Pacitan, dapat menggunakan Jalur melalui Sidomulyo-Jetak yang membypass Jalur tanpa harus melewati Tulakan, jalur ini telah mengalami rehabitasi untuk menjamin kelancaran lalu lintas.

Fasilitas sarana dan prasarana yang dapat mendukung perkembangan dan pertumbuhan perekonomian di wilayah Kecamatan Ngadirojo diantaranya adalah dengan adanya Jalan Lintas Selatan (JLS) yang akan membuka isolasi kabupaten pacitan dengan daerah lainnya.

Pengembangan pariwisata, dengan penyediaan fasilitas yang memadai serta peningkatan sarana dan prasarana di lokasi wisata Taman Ria di Desa Hadiwarno, Segoro anakan di Desa Sidomulyo, Monumen Panglima Besar Jendral Sudirman di Desa Wonokarto.

Pembangunan pedesaan yang telah dilaksanakan adalah dengan memprioritaskan pembangunan fisik dan non fisik dengan tujuan untuk peningkatan kesejahteraan hidup masyarakat desa.

Map Kantor Kecamatan Ngadirojo - Pacitan


Di kutip dari : Kecamatan Ngadirojo Wordpress
Note : Jika ada masalah terkait content di blog ini, silahkan anda menghubungi kami.
Contact / Phone / WA : 085203781053