Tentang Desa Bogoharjo Ngadirojo Pacitan


Bogoharjo adalah salah satu desa di kawasan Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Indonesia. Terletak 3 Km ke arah utara dari kota Kecamatan, Desa Bogoharjo mempunyai luas wilayah seluas 383,16 hektar. Adapun batas-batas wilayah desa Bogoharjo

Desa Bogoharjo


Desa Bogoharjo terdiri dari 5 dusun :
- Dusun Nawangan
- Dusun Lodro
- Dusun Diro
- Dusun Jayan
- Dusun Punjul

Geografi

Batas wilayah Desa Bogoharjo :
- Di sebelah utara berbatasan dengan Desa Wonodadi Wetan.
- Di sebelah selatan berbatasan dengan Desa Ngadirojo.
- Di sebelah Barat berbatasan dengan Desa Cokrokembang.
- Di sebelah Timur berbatasan dengan Desa Pager Lor Kec. Sudimoro.

Peta Desa Bogoharjo Ngadirojo Pacitan
Peta Desa Bogoharjo

Desa ini mempunyai andil kecil dalam sejarah perang kemerdekaan, pada waktu penjajah Belanda dulu. Desa ini juga merupakan rute yang di lalui rombongan Panglima Besar Jenderal Sudirman dan tentara TNI pada waktu itu. Jenderal Sudirman pernah menginap di dukuh Nglegok yang termasuk kawasan desa Ngadirojo.

Sejarah Desa Bogoharjo

Desa Bogoharjo menurut sejarah terdiri dari 5 kademangan yaitu, Jayan , Punjul, Diro, Lodro dan Nawangan. Nara Sumber menyebutkan bahwa beberapa Kademangan itu dijadikan satu wilayah Pemerintahan Desa yaitu Desa Bogoharjo Kecamatan Ngadirojo Kabupaen Pacitan.

Kepala Desa Pertama adalah Bapak Djojodiharjo keturunan Panji Sandjojo Rangin sejarah babat Lorok yang masih keturunan Joko Tingkir. Sampai saat ini sudah mengalami 5 kali pergantiaan Kepemimpinan. Pertama Djojodiharjo Bapak kedua Bapak Pujo, ke tiga Bapak Karto Harjo, ke empat Bapak Wiji Slamet Priyadi, sedangkan ke lima Bapak Suhartono. Karena Desa Bogoharjo merupakan desa pertanian, maka sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani.
Lorok™Saya hoby mengisi waktu luang dengan ngeblog. Situs saya diantaranya : loroktm.com situs dengan konten electronic dan seputaran Pacitan. bestliriklagu.com situs dengan konten kumpulan lirik lagu terbaru dan terbaik.