Pantai Siwil Sidomulyo Pacitan


Pantai Siwil Pacitan adalah salah satu spot surfing para surfer lokal dan mancanegara. Ombak yang cantik di padu dengan alam yang indah merupakan paduan yang takkan pernah terlupakan.

Pantai Siwil


Pantai Siwil terletak di Dusun Tawang, Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo, Pacitan Jatim. Jalan masuk ke pantai Siwil ini tidak jauh dari jalan masuk ke TPI pantai Laut Tawang, yaitu di sebelah baratnya kira" 100 meter saja. Tampak Paud Terpadu Sari Mulyo dan tugu jalan masuk menuju ke arah selatan daerah Teban dan sekaligus itulah jalan menuju ke pantai Siwil


Pacitan punya banyak banget pantai yang bagus dan kece. Secara gitu lho, letak geografis kabupaten yang menjadi tanah kelahiran mantan presiden SBY ini berada di pesisir selatan pulau Jawa. Selain terkenal dengan view-nya yang bagus, pantai selatan di Pacitan ini juga cocok dipakai untuk surfing karena ombaknya yang cukup besar. Jadi gak heran kalau di area pantai Pacitan seringkali kita temui larangan untuk berenang. Dan buat penikmat pantai, pasti udah gak asing lagi dengan beberapa pantai yang nge-hits di Pacitan, di antaranya Pantai Teleng Ria yang berada gak jauh dari pusat kota Pacitan, kemudian pantai Klayar yang terkenal dengan seruling samudera , dan masih banyak lagi. Tapi guys, di Pacitan juga ada pantai yang gak kalah kece daripada pantai yang lain. Karena dari pantai ini kita bisa lihat view pantai dari sisi yang berbeda. Pantai Siwil namanya. Penasaran?


Pantai Siwil ini terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo, Pacitan. Lokasinya bisa di jangkau lewat Jalur Lintas Selatan (JLS) yang sekarang udah ramai dipakai sebagai jalur penghubung kota Pacitan dengan daerah-daerah lain di sebelah timur. Kalau dari arah kota Pacitan (via JLS), kita mengarah ke timur kurang lebih 30 menit sampai melewati pantai Soge yang terkenal di jalur ini. Pantainya tepat berada di sisi jalan dan kelihatan waaahhh banget. Nah, dari sini, kita lanjut sebentar sampai melewati jalanan lurus yang kanan kirinya banyak perumahan warga. Ini tandanya sebentar lagi sampai di pintu masuk pantai Siwil. Harus tanya-tanya juga karena belum ada petunjuk khusus menuju pantai ini. Dari jalan utama, kita belok menuju jalan kecil beraspal dan hanya muat kira-kira satu mobil. Untuk masuk kesini , kita cuma dikenakan bayar tiket sebesar Rp2.500,-. Murah kan? Tapi sayangnya belum ada lokasi parkir khusus di sini. Jadi kemarin pas gue kesini mau gak mau naruh motor di pinggir jalanan kecil, ujung jalanan aspal menuju area ini. Tapi alhamdulillah aman kok

Spot pertama yang kalian jumpai saat berkunjung ke pantai Siwil adalah view ‘pantai kecil’ dengan tanaman mangroove-nya. Kenapa kgue sebut pantai kecil? Karena area yang gue maksud adalah pesisir pantai yang ombaknya gak terlalu besar, hampir mirip kaya muara. Gak heran kalo kawasan ini sering dipakai mancing. Tapi kalo air laut lagi pasang, tempat ini pun berubah jadi ‘ganas’ dengan deburan ombaknya. Banyaknya pohon kelapa di sini juga bikin tempat ini teduh dan cocok buat nyantai sejenak. Plus tanaman mangroove yang menghiasi tepi pantai, menambah sensasi tersendiri bagi pecinta fotografi.


Dari sini, untuk menuju Pantai Siwil yang sebenarnya, kita masih harus tracking alias jalan kaki sekitar kurang dari 1 km. Gak jauh kok. Berjalan lewat jalan setapak melewati atas tebing dengan view pantai di bawah sana, dan melalui ladang penduduk sekitar. Jadi bisa dibilang keindahan Pantai Siwil ini memang ‘agak’tersembunyi hehehe. Setelah berjalan kaki sekitar 15 menit, sampai lah kita di depan sebuah pemandangan pantai yang sedikit membingungkan buat sebagian orang. Kenapa? Adek gue pas kesini kemarin awalnya bingung, loh kok pantainya menghadap ke barat? Gak kaya kebanyakan pantai selatan yang viewnya langsung ke laut lepas yang berujung pada garis horison. Nah itu lah dia, menurut gue ini adalah yang spesial dari pantai Siwil. Pantai ini memang terletak di sebuah daratan yang menjorok ke lautan. Jadi lokasinya membuat kita bisa menikmati pemandangan pantai dengan bonus view pegunungan di sebelah barat. Dan pastinya dengan hamparan pasir putihnya, menambah keindahan pesona pantai yang satu ini.


Sekedar masukan untuk pengelola pantai Siwil, semoga ke depannya bisa dipasang papan petunjuk arah menuju lokasi pantai. Karena ada beberapa percabangan jalan yang kadang membingungkan pengunjung (saya salah satunya hehehe..) Dan pastinya lokasi parkir khusus untuk kendaraan pengunjung, sehingga akan lebih aman dan tertata rapi. Kalau benar-benar dikelola dengan lebih baik lagi, pasti wisata pantai Siwil ini akan makin ramai dikunjungi dan tidak menutup kemungkinan meningkatkan pendapatan warga sekitar.

Untuk lebih mengetahui berbagai tempat wisata di kota Pacitan, silahkan kunjungi berikut :
Note : Jika ada masalah terkait content di blog ini, Silahkan anda menghubungi kami di Contact Page / Phone : 085203781053 / Facebook : Lorok-TM