Tentang Desa Pagerejo Ngadirojo Pacitan


Pagerejo adalah sebuah desa di kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Indonesia. Sebagian besar penduduk Pagerejo bermata pencaharian mayoritas petani, swasta, PNS, pedagang, pengrajin, Dll. Desa pagerejo mempunyai sejarah dari zaman belanda sampai ke jepang, karena markas belanda dan jepang berada di dukuh Bandung desa pagerejo, namun saat ini bangunanya sudah dibongkar. Desa pagerejo memiliki kekayaan alam yang cukup potensi ,terbukti terdapat peninggalan zaman belanda & jepang berupa tambang EMAS tradisionil yang berada di dukuh karang & sedayu (mbrungkah). Bahkan pada tahun 1968 s/d 1970 dari Geologi Bandung telah melakukan pengeboran & penelitian tentang kandungan alam yang ada di desa pagerejo. Orang Pagerjo yang sempat sukses dalam pemerintahan adalah almarhun Jendral Suweno yang sempat mengemban tugas sebagai Pangkostrad, ketua Koni dll di era orde baru. Pembangunan fisik saat ini terkesan biasa-biasa saja.Untuk itu diperlukan pemikiran yang briliant terutama warganya baik yang dirantau ataupun yang bermukim di desa saat ini, untuk menggali potensi alam serta SDM untuk membangun desa pagerejo.

Desa Pagerejo


Desa Pagerejo terdiri dari beberapa dusun :
- Dusun Bandung Kidul
- Dusun Bandung Wetan
- Dusun Bandung Kulon
- Dusun Krajan
- Dusun Karang
- Dusun Plugon
- Dusun Nglembu
- Dusun Brungkah
- Dusun Karang Anyar

Geografi

Batas wilayah desa Pagerejo :
- Di sebelah utara berbatasan dengan Desa Ngadirojo dan Desa Cokrokembang.
- Di sebelah selatan berbatasan dengan Desa Hadiluwih dan Desa Sidomulyo.
- Di sebelah Barat berbatasan dengan Desa Padi Kec. Tulakan.
- Di sebelah Timur berbatasan dengan Desa Wiyoro.

Desa Pagerejo merupakan salah satu Desa di Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan dengan luas wilayah : 697,249 ha. Secara geografis Desa Pagerejo mempunyai dua wilayah besar yaitu dataran rendah 40% dan wilayah pegunungan dan perbukitan 60%.

Dapat kami gambarkan bahwa Desa Pagerejo merupakan gabungan dari 3 (tiga) desa yaitu, Desa Bandung, Desa Pager Gunung dan Desa Brungkah. Penggabungan 3 (tiga) desa menjadi Desa Pagerejo ini terjadi pada tahun 1912 yang selanjutnya dibagi menjadi 9 wilayah dusun dalam Desa Pagerejo.

Keadaan Ekonomi Desa Pagerejo Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan

Secara geografis Desa Pagerejo terdiri dari daerah pegunungan, perbukitan dan sebagian wilayah dataran rendah yang cocok untuk pertanian tanaman pangan. Dengan keberadaannya yang demikian pertanian menjadi sumber utama mata pencaharian penduduk di Desa Pagerejo. Hal ini dapat dilihat dari mata pencaharian penduduk yang telah kami sampaikan pada pemaparan sebelumnya.
Note : Jika ada masalah terkait content di blog ini, Silahkan anda menghubungi kami di Contact Page / Phone : 085203781053 / Facebook : Lorok-TM