23 Jul 2016

Assalam.

Sedikit pengetahuan serta pengalaman saya namun tidak ada jeleknya jika saya berbagi. Ya siapa tau dari sobat sobat semua ada yang belum tau dan ingin tau mengenai service mode TV. Menurut pengertian saya yang masih sangat minim, service mode TV saya artikan sebagai langkah masuk untuk mengatur fitur fitur fungsi yang di perintahkan dari program ke perangkat sesuai standard kinerjanya.

Aku ambil contoh, misalnya :

Pada tampilan Vertikal TV,
- layar kurang lebar atau terlalu lebar ke atas dan ke bawah.
- layar kurang geser atau terlalu geser posisinya ke atas dan ke bawah.
hampir pada semua TV jenis baru alias modern bukan TV jadul, itu semua bisa kita atur atau seting melalui service mode, yang biasanya masuk pada bagian :
- V-Size, V-Position, V-Line dan seterusnya, pokoknya yang berurusan dengan Vertikal.
Pada tampilan Horizontal TV,
- Horizontal kurang geser ke kiri dan kanan.
- Horizontal kurang melebar atau terlalu lebar ke kiri dan kanan, (Pada tv tertentu yang ada fungsi service mode H-Size)
- Untuk mengatur perpaduan warna RGB Matrick.
- Untuk mengatur audio sound terlalu keras atau lembek.
- Untuk mengatur AGC.
- Untuk merubah logo, tampilan.

Dan masih banyak banget fungsinya. kalau aku tulis semuanya bisa keriting jari"ku. Namun itu semua juga harus di dukung oleh semua component aktiv pada perangkat TV normal semua. Jikalau component pada perangkat TV sudah ada yang tidak normal, maka perintah atau setingan service mode belum tentu bisa sesuai dengan yang kita kehendaki alias tidak normal juga. Okey... langsung ke topik pokok artikel.

Service mode TV SHARP berbagai type.

TV SHARP (New) Gak ada saklar atau lubang jumper buat service mode.

Pada TV SHARP new akhir akhir ini sudah tidak di kasih saklar atau lubang jumper buat masuk service mode. TV SHARP new sekarang ini service mode dengan cara yang lebih modern. Mungkin dari sobat tuser sudah banyak yang tau. ya barang kali saja masih ada rekan rekan yang belum tau. Tidak ada ruginya kalau aku sedikit berbagi pengalaman biar rekan yang belum tau bisa tau juga. Tidak perlu banyak bangsa banci, ehhh... basa basi mungkin kalau bahasa yang kamu ngerti.

Caranya masuk service mode :
➪ Matikan TV dari kelistrikanya (Saklar Listrik Tombol Panel) bukan standby remote ya.
➪ Kemudian tekan bersama sama : Vol- (Volume Down) dan CH+ (Chanel Up) pada panel TV (Bukan Di Remote)
➪ Sambil di tahan terus, hidupkan TV pakai tombol panel (Saklar Kelistrikan) jangan di lepas tunggu sampai muncul osd tampilan service mode pada layar TV.
➪ setelah muncul, baru lepaskan jari jarimu biar tidak keriting tauuu.
➪ Setelah tampil service modenya, seting atur sesuai yang kamu inginkan. gunakan Menu, Vol-, Vol +, P-, P+ untuk mengaturnya.
➪ setelah semuanya kamu rasa selesai, matikan tv, pakai remote boleh, saklar panel juga boleh, tidak ada pasalnya kok. guna untuk menyimpan setingan atau perubahan yang telah kamu lakukan tadi. selesai.

CAUTION :
Alternatif cara masuk service mode di atas hampir berguna untuk seluruh TV SHARP yang tidak ada sakar atau lubang jumper service modenya.

TV SHARP (Wonder/Universe)

Caranya masuk service mode :
➪ TV posisi on alias hidup
➪ jumper atau hubungkan J 122 dan J 124 lubang dekat IC program sejenak alias tidak lama, sampai muncul osd tampilan service modenya di layar TV.
➪ Setelah tampil service modenya, seting atur sesuai yang kamu inginkan. gunakan Menu, Vol-, Vol +, P-, P+ untuk mengaturnya.
➪ setelah semuanya kamu rasa selesai, jumper atau hubungkan sejenak kembali untuk menyimpan setingan atau perubahan yang telah kamu lakukan. selesai.

Gambar di bawah ini sebagai contoh biar lebih jelas kenyataanya :


SERVICE MODE TV SHARP Q-BEAT PCB lubang besar depan dan sejenisnya

Caranya masuk service mode :
➪ TV posisi on alias hidup
➪ jumper atau hubungkan J137 dan J138 lubang kecil dekat IC program sejenak alias tidak lama, sampai muncul osd tampilan menu service modenya di layar TV.
➪ Atur sesuai keinginan
➪ Terakhir untuk simpan cukup hubungkan/jumper sejenak lagi.

Intinya jika ada lubang kecil terus ada jumper sejajar di PCB mesin TV SHARP itu untuk service mode. entah itu jumpernya pada nomor berapa. karena sangat banyak jenis dan beda posisi letak lubang jumper untuk setiap typenya. Setelah tampil service modenya, seting atur sesuai yang kamu inginkan. gunakan Menu, Vol-, Vol +, P-, P+ untuk mengaturnya. setelah semuanya kamu rasa selesai, jumper atau hubungkan sejenak kembali untuk menyimpan setingan atau perubahan yang telah kamu lakukan. selesai. Tengok gambar di bawah biar tambah ribet, he.. he.. he.. Perlu kamu zoom sekalian biar tambah mumet. hi.. hi.. hi..



TV SHARP (Versi Lama) ada saklar di belakang dekan Tuner.

Ini model Televisi jaman aku masih kecil, waktu aku mandi belum pakai sabun. ya bisa di bilang jaman dulu alias jadul. Karena di larang banyak bangsa banci, makanya langsung saja jurus super ngepetnya aku kasih tau. Kalau sekedar untuk seting V-Sive biasanya sudah ada VR untuk V-Size yang biasanya terletak dekat dengan power Vertikal situ. tapi untuk seting RGB Matrick dan lainya masih di perlukan dari service mode.

Sevrvice modenya cukup sederhana dan simple.
➪ TV Posisi hidup
➪ langsung saja meluncur ke saklar yang berada dekat tuner
➪ geser dan lihat pada layar TV sudah tampil service mode apa belum.
➪ Jika sudah tampil service modenya, seting atur sesuai yang kamu inginkan.
gunakan Menu, Vol-, Vol +, P-, P+ untuk mengaturnya.
➪ setelah semuanya kamu rasa selesai, geser kembali posisi saklarnya.
➪ Dan secara otomatis setingan yang telah kamu rubah tadi akan tersimpan. selesai.

Wis tuwek wis kesel... leren sik Wooo !!!
Jangan lupa kopinya di minum dulu. biar anget dan lega. Untuk type lainya nyusul ya sob, tangan aku sudah terasa keriting. soalnya sudah capek dari sejak otak atik bongkar banyak TV, lanjut ketik di keyboard jari gemetar karena capek. Sekian dulu semoga bermanfaat. Salam kompak selalu tuk TUSER mania. TUSER itu apa ya ? Tukang Service tauuu !!!

Wasssalam.