PCB Skema Rangkaian Lampu Flip Flop 2 Transistor

Skema rangkaian lampu flip flop menggunakan 2 transistor dengan catu daya DC 3 Volt, 9 Volt, 12 Volt, lengkap dengan daftar komponen serta tutorial prinsip cara kerjanya dan cara pemasanganya, silahkan baca di sini.... Artikel selengkapnya silahkan menuju ke bawah.
PCB Skema Rangkaian Lampu Flip Flop 2 Transistor

Rangkaian Flip Flop 2 Transistor merupakan salah satu lampu variasi yang dapat di gunakan sebagai hiasan ataupun di kembangkan sebagai lampu variasi pada motor maupun mobil yang sifatnya hanya sebagai hiasan saja. Lampu flip flop ini di operasikan oleh sumber tegangan DC.

Rangkaian lampu Flip Flop 2 Transistor ini dapat di operasikan dengan sumber tegangan DC dari +3 volt hingga +12 volt. Rangkaian lampu Flip Flop 2 Transistor ini terdiri dari 2 buah LED yang di kendalikan oleh 2 buah transistor FCS9013 yang berfungsi sebagai saklar. Nyala lampu pada rangkaian lampu Flip Flop 2 Transistor ini akan bergantian antara LED 1 dan LED 2 dengan interval nyala dan padamnya lampu di kontrol oleh waktu pengisian dan pengosongan kapasitor pada rangkaian tank RC R 22 KOhm dan C 47 uF.

Rangkaian ini cukup sederhana, untuk membuat rangkaian lampu Flip Flop 2 Transistor ini dapat di lihat skema rangkaian dan komponen yang di gunakan seperti pada gambar berikut.

Skema Rangkaian Lampu Flip Flop





Daftar Komponen Rangkaian Lampu Flip Flop


1. Transistor = 2N3904
(bisa pakai transistor sejenisnya, jika beban di tambah lebih besar maka ganti dengan transistor yang lebih bagus dan kuat)
2. Kapasitor = 10 MF
(elco 16volt / 10uf, jika ingin waktu jeda pergantian nyala lampu lebih lama ganti dengan MF/uf yang lebih besar)
3. Resistor = 100K ohm / 10K ohm
(besar kecilnya nilai hambatan resistor di imbangkan dengan besar kecilnya asupan catu daya DC)
4. Resistor = 470 ohm
(besar kecilnya nilai hambatan resistor di imbangkan dengan besar kecilnya asupan catu daya DC)
5. LED = 2 buah
(led bebas dengan pilihan warna sesuai selera)
6. Power Supply DC = 3 Volt / 9 Volt / 12Volt
(catu daya DC bisa pakai Baterai / Accu / maupun Adaptor)

Sedangkan untuk PCB rangkaian lampu Flip Flop ini sudah banyak tersedia di toko toko electronic yang harganya bisa di bilang relatif murah. Jadi kita tinggal beli PCB beserta komponen lengkapnya saja tidak usah repot repot bikin sendiri. Contoh bisa lihat gambar berikut.


Setelah kita mendapatkan PCB lampu Flip Flop yang sudah lengkap dengan komponenya, kita tinggal pasang komponen pada lubang yang telah tersedia. Pasang komponen dengan benar pada posisi masing masing, jangan keliru / kebalik. Lanjut lakukan penyolderan dan tinggal kasih asupan catu daya DC 3V / DC 6V / DC 12V yang mana sesuai dengan kebutuhan penggunaan lampu Flip Flop itu sendiri. Untuk contoh hasil lampu Flip Flop yang sudah jadi siap pakai bisa lihat gambar berikut.


Prinsip kerja lampu Flip Flop 2 transistor


Prinsip kerja skema rangkaian lampu flip flop di atas yaitu pada waktu skema rangkaian di berikan sumber tegangan / voltage maka kapasitor / kondensator 10uF akan di charge lewat R 470 & LED, lalu akan di teruskan untuk mensuply triger ke basis transistor dengan tipe hingga transistor bakal ON & menyalakan LED. hal tersebut terjadi secara bergantian pada tiap tiap sisi, hingga lampu LED akan menyala secara bergantian juga.