AC (Air Conditioned) Heating & Cooling

AC (Air Conditioner) dengan pemanas air dan pendingin udara pada ruangan yang merupakan inovasi baru. Penasaran ? ,, Silahkan baca dengan seksama pada halaman ini.... Artikel selengkapnya silahkan menuju ke bawah.
AC (Air Conditioned) Heating & Cooling

AC (Air Conditioner) Dengan Pemanas Dan Pendingin


Penjelasan tentang AC Plus Water Heater.

AC Plus Water Heater merupakan alat pendingin atau penyejuk udara pada ruangan sekaligus plus alat pemanas air yang menggunakan AC atau Air Conditioner, sedangkan Water Heater merupakan jenis pemanas air yang memanfaatkan energi panas yang di hasilkan oleh AC (Air Conditioner). Ini merupakan inovasi yang masih terbilang baru untuk sebuah pemanas air. Dengan pemanas air AC (Air Conditioner) ini tidak memerlukan energi tambahan baru untuk mendapatkan air panas untuk keperluan rumah tangga, seperti mandi misalnya. Tidak semua tipe AC bisa di cangkok dengan pemanas air ini. Umumnya tipe AC (Air Conditioner) split yang bisa di cangkok, sedang tipe AC (Air Conditioner) windows tidak bisa.

Prinsip kerja AC (Air Conditioner) Water Heater.

Sebelumnya kita lihat dulu cara kerja AC (Air Conditioner) Split pada umumnya terlihat seperti pada gambar skema di bawah ini.


Skema AC Split Normal

AC menggunakan gas freon sebagai bahan pendinginnya. Ketika masuk ke Indoor Unit (Evaporator) suhu freon sangat dingin. Suhu yang dingin dari freon di hembuskan keluar untuk mendinginkan ruangan. Suhu ruangan yang lebih panas akan di hisap sehingga freon menjadi panas ketika keluar dari Indoor Unit dan seterusnya masuk ke Outdoor Unit. Setelah masuk ke Outdoor Unit dan sebelum di dinginkan di bagian Condenser, freon panas di kompres (di mampatkan) oleh Compressor sehingga suhu freon menjadi lebih panas lagi. Suhu freon yang sangat panas ini di dinginkan kembali dengan cara di tiup kipas di bagian condenser. Dan freon kembali masuk ke Indoor Unit melewati expansion valve untuk mengurangi tekanan yang di hasilkan oleh compressor. Begitu seterusnya.

Pada pemanas air AC, suhu freon yang sangat tinggi yang keluar dari compressor di salurkan ke elemen pemanas (heat exchanger) yang ada di dalam tangki dan memanaskan air yang ada di dalam tangki tersebut, seperti gambar skema berikut.


Skema AC Split di cangkok tangki pemanas air

Setelah keluar dari elemen pemanas yang ada di dalam tangki pemanas, suhu freon tidak terlalu panas dan di dinginkan kembali di bagian condenser Outdoor Unit. Keluar dari Outdoor Unit freon yang dingin kembali masuk ke Indoor Unit untuk mendinginkan ruangan. Begitu seterusnya.

Jadi Tangki Pemanas Air yang telah di design khusus untuk menyimpan dan memanaskan air ini, di cangkok kan pada jalur pipa tembaga freon setelah compressor, seperti terlihat pada 2 gambar skema di atas. (1) Gambar Skema AC Split normal, dan (2) Gambar Skema AC Split setelah di cangkok tangki pemanas air.

Kesimpulannya, Pemanas Air jenis ini 100% tergantung pada kerja AC (Air Conditioner) Split. Seberapa banyak kuantitas dan kualitas (suhu air) air panas yang anda dapatkan tergantung seberapa lama AC Split bekerja terus menerus (on) dan seberapa besar kapasitas Tangki Pemanasnya.

Pada beberapa kasus pemakaian AC (Air Conditioner) untuk rumah tangga, dengan alasan biaya listrik, AC hanya di pakai pada saat saat tertentu saja, hanya pada malam hari saat mau tidur misalnya. AC (Air Conditioner) menyala efektif hanya sebentar, beberapa jam saja. Dan berakibat pemanas air juga tidak bekerja maksimal, apalagi jika kapasitas Tangki Pemanasnya besar.

Untuk mengatasi masalah ini, produsen Pemanas Air jenis ini telah menyiapkan banyak pilihan Tangki Pemanas yang di sesuaikan dengan kebutuhan keluarga. Mulai dari ragam pilihan kapasitas tangki : kecil, sedang, besar, sampai ke jumlah heat exchanger nya : single heat exchanger dan double heat exchanger, menggunakan 2 AC (Air Conditioner) Split.


Double Heat Exchanger

Di samping itu ada juga Tangki pemanas double heat exchanger yang salah satu heat exchanger-nya menggunakan energi listrik sebagai cadangan ketika pemanasan dari AC (Air Conditioner) tidak cukup untuk memanaskan air dalam tangki.

Baca Juga : Diagram Skema Dan Cara Kerja Sistem AC Mobil

Beberapa merk Pemanas Air jenis ini yang telah beredar di pasaran bisa di jadikan pertimbangan, seperti Wika, Mizui dan KIAN AC Plus Pemanas Air Karya Anak Negeri (Karya Inovasi Anak Negeri, - Tribun Batam).

Di kutip dari berbagai nara sumber brows.