Goa Luweng Ombo terletak di Desa Kalak, Kecamatan Donorojo, Kab. Pacitan, Jawa Timur.... Artikel selengkapnya silahkan menuju ke bawah.

Goa Luweng Ombo terletak di Desa Kalak, Kecamatan Donorojo, Kab. Pacitan, Jawa Timur. Pada tgl 17 Ags 2010 mahasiswa pencinta alam mengadakan upacara bendera dalam peringatan HUT ke-65 RI dan mengkibarkan merah putih dalam goa ini sudah yang ke 4 kalinya di goa ini.

Goa Luweng Ombo


Bagi anda para pecinta wisata gua pasti sudah kenal akrab dengan gua Luweng Ombo. Gua Luweng Ombo di sebut sebut sebagai gua vertikal terdalam di Jawa. Dengan kedalaman yang bervariasi mulai dari 50 meter, 80 meter, dan yang puncaknya adalah sekitar 130 meter. Dengan memiliki diameter sekitar 50 meter pada mulut gua, Luweng Ombo bisa di susuri dengan menggunakan tekhnik single rope.

Gua gua vertikal seperti ini atau biasa di sebut luweng, beberapa terbentuk karena amblesnya lapisan tanah di atasnya (sinkhole). Meskipun Luweng Ombo adalah sebuah gua vertikal, bukan berarti gua sedalam 120 meter ini tidak memilki jalur horizontal. Di dalamnya juga terdapat beberapa lorong horizontal, yang cukup mencengangkan lagi adalah lorong lorong yang terdapat dalam goa ini memiliki panjang mencapai 25 Km. Goa ini mudah di tempuh dengan kendaraan bermotor karena dekat dengan jalan raya. Jaraknnya dari jalan raya hanya sekitar 10 meter sehingga terlihat sedikit atap atap goanya.

Dasar gua ternyata bukan suatu area yang datar. Dasar ini bergelombang banyak sisi berupa slope ke bawah. Boulder boulder besar mendominasi dasar gua ini. Vegetasi yang berada di sini tidak semuanya rumput. Beberapa pohon tahunan dapat di temukan di sini. Semak belukar juga menutupi semua dasar gua. Benar benar hijau dan terasa sirkulasi udara yang sangat segar dan indah di pandang mata. Terlihat ada beberapa lorong yang berada di sisi gua. Perlu berjalan scrambling ke bawah mendekati mulut lorong lorong ini. Udara terasa cukup sesak apabila semakin mendekati lorong ini karena kabut tebal pertanda tingginya aktivitas kelelawar di dalamnya. Dari dasar gua ini akan di temukan kepuasan tersendiri melihat pemandangan sekitar. Suara percikan air mengalir di dinding gua, berkas cahaya yang masuk, hamparan hijau vegetasi di dasar gua hingga burung burung yang beterbangan di atas sana. Ya beginilah keindahan Luweng Ombo.

Untuk lebih mengetahui berbagai tempat wisata di kota Pacitan, silahkan kunjungi berikut :
Note :
Jika ada masalah terkait content di blog ini, Silahkan anda menghubungi kami.
Page : Contact, Facebook : Lorok-TM, Phone / WA : 085203781053