Goa Kalak Donorojo Pacitan

Goa Kalak Donorojo Pacitan


Goa Kalak atau Goa sang pertapa terletak di desa Kalak, Donorojo, Pacitan, Jawa Timur. Goa tersembunyi, padahal di tepi jalan kalau anda menuju pantai Klayar, karena letaknya pas di jalan menanjak, goa ini merupakan goa tempat pertapaan. Goa Kalak merupakan tempat ritual dari Raden Brawijaya pada zaman kerajaan Majapahit.

Goa Kalak


Goa Kalak berusia ratusan tahun dan merupakan goa tertua di daerah Pacitan. Goa ini di kelola oleh masyarakat sekitar dan sama sekali tanpa campur tangan dari dinas/pemerintah. Pembuatan keramik, gapura dan tulisan di atas goa dibuat oleh pengunjung dari goa ini sendiri. Di dalam goa terdapat satu tiang tempat menghadap para petapa yang di sebut saka guru. Stalaktit pada goa kalak ini sudah tidak aktif.

Jauh sebelum Goa Gong di temukan goa yang satu ini sudah menjadi primadona wisata andalan di Pacitan. Letaknya pun tidak jauh dari Goa Gong, sekitar 5 km dari Goa Gong. Di Goa ini pernah ditemukan fosil manusia purba yang menandakan bahwa Pacitan memang menjadi salah satu pusat kehidupan manusia purba di Indonesia. Selain sebagai tempat wisata dahulu goa ini juga sering di gunakan sebagai tempat pertapaan, ini terlihat dari stalaktit berwarna hijau yang menjulang tinggi hampir mencapai atap goa. Letaknya tidak jauh dari pintu masuk. Stalaktit tersebut di beri nama Saka Guru dan menjadi spot paling di sakralkan di Goa ini. Tepat di sampingnya terdapat tempat pertapaan dengan lantai yang telah di lapis keramik. Dan ini menjadi tempat yang paling sakral. Pengunjung akan menjumpai sisa sisa dupa dan kembang karena sampai saat ini pun masih ada beberapa orang yang melakukan ritual petapa di tempat ini.

Banyak pengunjung dari luar Pacitan yang pernah ke Goa ini bahkan beberapa pejabat juga pernah melakukan ritual di Goa yang bersejarah ini. Menurut cerita warga setempat Goa Kalak merupakan tempat ritual dari Raden Brawijaya pada zaman Kerajaan Majapahit. Goa yang berusia ratusan tahun ini juga merupakan goa tertua di daerah Pacitan. Sedangkan juru kunci Goa Kalak bernama Bapak Manrejo (mbah Tugiman) yang mulai menjaga goa ini sejak tahun 1965, mbah Tugiman merupakan keturunan ke-3 dari juru kunci yang pertama. Konon salah satu keramik yang berada di dalam Goa untuk bertapa di buat oleh seorang pengunjung yang awalnya bertapa di Gunung Lawu kemudian mendapat wangsit untuk mencari tempat pertapaan Raden Brawijaya, setelah menemukan Goa Kalak ini lalu dia membuat keramik persegi panjang tempat untuk para pengunjung Goa Kalak yang ingin bertapa.

Di balik Saka Guru anda akan mendapati stalaktit yang mirip tumpukan tulang rangka dan tengkorak menyerupai kuburan masal di tanah Toraja dan di sebelah tempat ini di dapatkan bebatuan stalaktit seperti hewan, bunga bunga atau jamur raksasa yang indahnya seperti ukiran ukiran kayu jati Jepara. Memasuki ruangan lebih dalam lagi akan bertemu dengan ruangan yang lebih longgar dan beratap lebih tinggi, di sisi utara terdapat seperti ukiran tirai raksasa dan singgasana raja yang terbuat dari kayu jati. Tempat ini agak menurun ke arah utara melingkar dari tempat masuk. Belum berhenti di situ di sebelah barat agak naik sedikit akan di dapatkan kamar raja yang di tutupi tirai yang mirip ukiran kayu jati yang luar biasa indahnya. Tempat ini berada lebih tinggi di banding tempat datar yang ada di dalam goa, dan di balik ruangan yang mirip kamar ini ada lorong panjang yang masih belum terjamah menuju ke arah barat daya.

Beberapa sisi dari goa ini masih di batasi pagar dan terkunci sehingga tidak boleh di lewati. Konon banyak yang beranggapan bahwa kemistisan goa ini menyebabkan beberapa bagian dari goa harus di segel agar penghuninya tidak berkeliaran. Memang begitu banyak cerita mistis tentang goa ini yang bahkan mengalahkan keindahan dari ornamen ornamen stalagmit dan stalaktitnya. Akses menuju lokasi goa kalak sangatlah mudah, karena berada di pinggir jalan ketika kita akan ke pantai klayar tepatnya berada di sebelah kiri (timur). Jadi tidak ada salahnya anda menyelipkan kunjungan ke Goa ini saat berkunjung ke Pantai Klayar atau pun ke Goa Gong.

Untuk lebih mengetahui berbagai tempat wisata di kota Pacitan, silahkan kunjungi berikut :
Lorok™Saya hoby mengisi waktu luang dengan ngeblog. Situs saya diantaranya : loroktm.com situs dengan konten electronic dan seputaran Pacitan. bestliriklagu.com situs dengan konten kumpulan lirik lagu terbaru dan terbaik.