Cara memotong audio mp3 wav pakai aplikasi cool edit pro

Cara memotong audio mp3 wav dengan rapi pakai aplikasi cool edit pro.... Artikel selengkapnya silahkan menuju ke bawah.
Cara memotong audio mp3 wav pakai aplikasi cool edit pro


Sebelum aku memulai berbagi tentang cara memotong audio mp3/wav dengan rapi dan komplit pakai aplikasi cool edit pro, di sini saya tegaskan bahwa cara yang ku bagikan ini hanyalah cara sederhana dengan pakai aplikasi sederhana pula yaitu cool edit pro. jadi jangan di samakan sama tukang edit audio yang sudah profesional di bidangnya ya. Yang profesional pasti pakai cara mewah dan aplikasi mewah pula yang sudah tentu masuk standart studio record.


Okey.. lanjut pada pokok artikel yang aku bagikan.
Pertama buka aplikasi cool edit pro kamu dulu. kemudian masukan file audio mp3/wav ke aplikasi coll edit pro. caranya bisa di drag langsung atau dengan cara rinci klik FILE > OPEN > lalu ambil dari media penyimpanan kamu > OPEN
Setelah file sudah masuk ke aplikasi cool edit pro milik sobat, coba play preview dulu guna untuk mendengarkan pada bagian mana dan di mana sobat hendak ingin memotong, membuang atau mengosongkan.

Dari sini akan saya jabarkan sedikit demi sedikit biar lebih rinci dan hasilnya bisa rapi.
Setelah kamu preview dan kira-kira sudah ada rencana hendak memotong, barisan edit yang perlu di ketahui biar nanti ketika jadi hasil dan di play bisa rajin alias rapi kurang lebih demikian :
> Pada awal durasi baiknya ada jeda kosong tak ada suara dalam beberapa detik (potongan awal)
> Pada awal berbunyi baiknya level suara dari 0 menaik sampai menuju suara normal dengan panjang durasi sesuai dengan keadaan bunyi file tersebut.
> Durasi terus berjalan dan terputar dengan normal sampai pada akhir bunyi baiknya level suara dari normal menurun ke 0.
> Terakhir setelah bunyi habis alias 0 baiknya di kasih jeda kosong tanpa suara dalam beberapa detik. (potongan akhir)

Langsung saja menuju ke TKP :

1. Durasi awal berjalan beberapa detik kosong tanpa suara.

Pada layer zoom (+) biar tampilan bisa besar dan jelas, blok pada bunyi awal atau bunyi-bunyi yang tidak di inginkan sampai panjang sesuai seleramu, kemudian klik > Effects Silencetunggu proses hingga selesai..
pada tahap ini guna untuk mengosongkan audio agar tidak berbunyi, tapi durasi masih tetap.
dan setelah sudah di dapati durasi awal yang kosong, jika masih terlalu panjang durasi yang kosong silahkan potong/buang durasi dengan cara > blok bagian kosong yang ingin di potong/buang > dan kemudian cukup klik Del (Delete pada keyboard). kini anda sudah mendapatkan jeda kosong awal sebelum bunyi mulai.


2. Bunyi awal level suara menaik dari 0 menuju ke normal/keras.

Setelah ada jeda kosong beberapa detik, kemudian pada bunyi awal blok dengan panjang durasi sesuai selera kamu (sesuaikan dengan keadaan bunyi file kamu, ini biasa terjadi pada hasil record yang sudah telat masuk pada bunyi awalnya). jika sudah kamu blog kemudian klik > Effect > Amplitude > Envelope > pilih kurva yang ada (saya anjurkan pilih Curve Pulse) kemudian atur ulang bentuk garis kurvanya, dengan klik titik kurva dan geser, yang kiri atau awal posisi ke 0 (bawah) yang tengah ke posisi setengah, yang akhir ke posisi maximal (atas). ini bisa di bilang Find In (manual). jika sudah kamu rasa cukup simpan profil edit kamu biar nantinya sewaktu kamu ingin memakainya lagi cukup panggil nama profil tadi. caranya setelah garis kurva yang kamu geser tadi selesai > klik ADD > kasih nama AWAL dan klik OK,
Untuk menerapkan biar suara awal bunyi dari 0 menuju ke keras kini cukup klik nama yag kamu buat tadi kemudian klik OK tunggu proses hingga selesai. jadilah bunyi awal yang menaik. tidak langsung keras.


3. Bunyi akhir level suara menurun dari keras menuju ke 0.

Untuk cara yang ini sebenarnya sama dengan cara level suara menaik dari 0 menuju ke normal, cuma bedanya hanya pada garis kurva nya saja. pada bunyi akhir blok dengan panjang durasi sesuai selera kamu (sesuaikan dengan keadaan bunyi file kamu, ini biasa terjadi pada hasil record bunyi akhir yang sudah lebih dulu terpotong suaranya). jika sudah kamu blog kemudian klik > Effect > Amplitude > Envelope > pilih kurva yang ada (saya anjurkan pilih Curve Pulse) kemudian atur ulang bentuk garis kurvanya, dengan klik titik kurva dan geser, yang kiri atau awal posisi ke maximal (atas) yang tengah ke posisi setengah, yang akhir ke posisi 0 (bawah). ini bisa di bilang Find Out (manual). jika sudah kamu rasa cukup simpan profil edit kamu biar nantinya sewaktu kamu ingin memakainya lagi cukup panggil nama profil tadi. caranya setelah garis kurva yang kamu geser tadi selesai > klik ADD > kasih nama AKHIR dan klik OK,
Untuk menerapkan biar suara akhirl bunyi dari keras menuju ke 0 kini cukup klik nama AKHIR yang kamu buat tadi kemudian klik OK tunggu proses hingga selesai. jadilah bunyi akhir yang menurun. tidak berhenti mendadak.


4. Durasi akhir berjalan beberapa detik kosong tanpa suara.

Untuk cara durasi akhir kosong beberapa detik ini sama dengan cara nomer 1, saya rasa kalian sudah mengerti lah.

Terakhir untuk menyimpan hasil file editan tadi saya anjurkan dengan cara klik > File > Save As (Jangan pernah Save) > pilih save type as dengan MP3 / WAV sesuai keperluanmu. Recent folder : pilih untuk media penyimpanan, file name : namai dengan sesukamu.

Kususnya untuk file durasi panjang (masih nonstop / baru hasil record)

Pada langkah terakhir untuk menyimpan biar gampang, cepat, tidak ribet masuk keluar,
- blok pada bagian yang bunyinya ingin kamu simpan dari awal jeda masih kosong sampai akhir jeda kosong - kemudian klik > File > Save Selection > barulah simpan seperti cara Save as tadi.
jadi hasil blok kamu tadi jadi file bunyi dengan durasi yang kamu blok tadi, dan kamu bisa lanjut untuk melakukan edit/pemotongan/dll pada durasi track selanjutnya tanpa repot masuk keluar ulang ataupun atur-atur ulang. contoh seperti gambar di bawah ini.


Note :
Jika dalam pengeditan terjadi langkah kesalahan dan ingin kembali ke langkah sebelumnya, dan sebelumnya lagi, cukup tekan CTRL+Z (pada keyboard) berulang lebih satu kali juga bisa.
Untuk cara menambah bass, treble, midle dan cara mengeraskan suara bisa kunjungi
Sekian dulu coretan dari cah kere paling elek sedunia.
Semoga berguna alias bermanfaat bagi sobat yang mebutuhkan atau ingin mengetahui Cara memotong audio mp3 wav dengan rapi dan komplit pakai aplikasi cool edit pro yang amat sangat sederhana.

Good Night
Good Luck for U