Pantai Wawaran Kebonagung Pacitan

Pantai Wawaran terletak di Dusun Wawaran, Desa Sidomulyo, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan, Jawa timur. Sekitar setengah jam perjalanan dari pusat kota ke arah timur.... Artikel selengkapnya silahkan menuju ke bawah.
Pantai Wawaran Kebonagung Pacitan

Pantai yang memiliki panorama alam khas laut selatan yang indah dengan ombaknya yang besar, juga penghasil ikan-ikan yang berkualitas tinggi. Pantai Wawaran ini merupakan sentra pengembangan penangkapan ikan laut. Pantai ini juga memiliki pasir putih dan hamparan hutan bakau dan pohon nyiur di sepanjang pantainya yang melengkapi keindahan alamnya. Di sana juga ada kerajianan rakyat seperti guci dan lainnya. Pantai Wawaran terletak di Dusun Wawaran, Desa Sidomulyo, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan, Jawa timur. Sekitar setengah jam perjalanan dari pusat kota ke arah timur.

Pantai Wawaran Kebonagung


Salah satu pantai unggulan dan juga merupakan pantai paling terkenal di Kebonagung adalah Pantai Wawaran. Mungkin nama Pantai Wawaran di Pacitan belum terkenal seperti Pantai Klayar atau Teleng Ria. Namun pantai Wawaran tersebut pernah menjadi lokasi syuting acara Si Bolang dari TV Trans7 waktu di Pacitan beberapa waktu lalu.

Pantai Wawaran adalah pantai yang indah berada di timur Kota Pacitan. Pantai yang cukup teduh ini menjadi lokasi syuting program acara si Bolang pertama kalinya di Pacitan dan yang kedua kalinya di Pantai Dangkal.

Kalau Anda berkunjung ke Pacitan sempatkanlah ke Pantai Wawaran. Selain untuk tempat wisata, Pantai Wawaran juga menjadi pusat mata pencaharian hidup warga sekitar yang berprofesi sebagai nelayan. Untuk fasilitas sudah memadai karena tersedia toilet umum, bangunan TPI dan lain lain.

Di pantai ini ada dua spot yang bisa anda kunjungi. Yang pertama adalah depan tepat jalan masuk pantai terus aja kedepan dan nikmatilah suasana santai dengan pemandangan indah, bermain pasir putih kecoklatan, berjalan jalan, atau sekedar lihat lihat alam sekitar. Ada banyak perahu berjejeran di sini yang singgah di atas pasir. Di kiri dan kanan ada tebing dengan tumbuhan tumbuhan liar di atasnya yang semakin memanjakan mata anda. Di sisi kiri pantai juga ada aliran sungainya.

Dan spot yang kedua yaitu di sebelah barat setelah jalan masuk. Jalan menuju pantai sebelah barat yaitu melewati lapangan Volly yang berada tak jauh dari jalan dan mulailah ikuti jalan setapak ke arah atas bukit. Nah bagaimana keindahan atas bukit ini? Indah kan, dengan pohon pohon pandan tumbuh tinggi dengan daun daun hijau pas buat berteduh menikmati indahnya ombak dan pemandangan dari ketinggian dengan semilir angin khas pantai selatan.

Puas di sini anda masih bisa lagi turun ke bawah arah barat menuju pantai dengan hamparan batu batuan yang elok. Di sini cukup sepi, hanya warga sekitar yang kadang kala melintas untuk beraktifitas. Pepohonan kelapa banyak tumbuh di sini berpadu dengan bebatuan karang lengkap dengan biota biota laut di sela selanya.

Sarana infrastruktur menuju lokasi pantai ini cukup memadai. Apabila Anda melewati Jalur Lintas Selatan (JLS) dari arah Pacitan kota, sekitar 20 km persisnya di Desa Sidomulyo, Kecamatan Kebonagung.

Jalur menuju ke Pantai Wawaran Kebonagung :

→ Dari arah manapun melalui JLS arah Kebonagung, dari arah barat Pacitan Kota ada jalan masuk di sebelah kanan jalan biasanya ada papan nama kecil di pinggir jalan (yang di buat warga sekitar). Papan nama penunjuk arah tersebut terletak setelah tak jauh melewati (flyover) jembatan layang Sidomulyo Kebonagung (atau tanyakan pada warga sekitar). Dari arah barat di situ belok kanan telusurilah jalan tersebut, karena akhir dari jalan beraspal tersebut adalah "Pantai Wawaran".

Kecamatan Kebonagung adalah salah satu kecamatan di Pacitan di antara beberapa kecamatan lainnya yang berada pada wilayah garis Pantai Selatan. Selain memiliki pemandangan pegunungan yang indah, Kecamatan ini juga memiliki potensi besar di bidang perikanannya.

Seperti halnya Pantai Dangkal di kecamatan Kebonagung juga punya Pantai Wawaran yang merupakan pantai produktif dan prestatif dalam hal hasil ikannya. Kedua pantai ini sebenarnya berdekatan dengan wilayah desa yang berbatasan satu sama lain. Diantara keduanya juga terdapat pantai kecil lainya yaitu Pantai Wetren. Selain memiliki panorama alam khas laut selatan yang indah dengan ombaknya yang besar, juga memiliki produktifitas tinggi menghasilkan ikan yang berkualitas tinggi.

Pantai Wawaran ini merupakan sentra pengembangan penangkapan ikan laut yang telah mendapatkan penghargaan Presiden RI. Di bawah Koperasi Mina Upadi, usaha perikanan laut berkembang pesat dan mulai menerapkan modernisasi nelayan, seperti pemanfaatan GPS. Selain itu, Pantai yang memiliki ciri khas banyak bebatuan disana ini adalah sentra nelayan yang memenangkan Optimalisasi Penangkapan Ikan (Optikapi) Tingkat Nasional Tahun 2005.

Lokasi Pantai ini berada di dusun Wawaran yang berhadapan langsung dengan Samudera Indonesia, panorama alamnya sangat menawan. Pantai ini juga memiliki Pasir Putih dan hamparan hutan bakau dan pohon nyiur di sepanjang pantainya, melengkapi keindahan alam di Kecamatan Kebonagung. Gelombang yang menerjang karang setiap saat di salah satu sisi tebing terjalnya, melengkapi keindahan pantai Wawaran. Lautnya dalam dan berwarna biru, tidak jauh dari pinggir pantai tampak di bawah permukaan bongkahan batu karang yang timbul dan tenggelam dipermainkan oleh ombak khas Pantai Selatan.

Selain keelokan Pantainya, Tetangga Pantai Kaliuluh ini pernah juga mengharumkan nama Kabupaten Pacitan serta Jawa Timur dengan prestasi yang di torehkan Kelompok Nelayan Mina Upadi ketika menjadi juara lomba Optikapi (optimalisasi penangkapan) tingkat nasional pada tahun 2005 yang di serahkan langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara. Atas prestasinya itu, kelompok nelayan yang berdiri tahun 1987 dan beranggotakan 65 nelayan tradisional tersebut mendapat hadiah perahu berukuran 25 Gross Tons.

Untuk lebih mengetahui berbagai tempat wisata di kota Pacitan, silahkan kunjungi berikut :