Pantai Taman Hadiwarno Pacitan

Pantai Taman terletak di Desa Hadiwarno, Kecamatan Ngadirojo, Lorok, Pacitan.... Artikel selengkapnya silahkan menuju ke bawah.

Di pantai Taman ini juga ada penangkaran Penyu dan Flying Fox Terpanjang di Indonesia. Pantai Taman terletak di Desa Hadiwarno, Kecamatan Ngadirojo, Lorok, Pacitan. Pantai dengan garis pantainya yang panjang dengan pesisirnya yang landai dan pasir yang putih yang eksotis.

Pantai Taman (Hadiwarno - Ngadirojo)


Taman merupakan nama sebuah pantai yang sudah cukup terkenal di Pacitan. Jika kebanyakan Pantai terkenal di Pacitan berada di sebelah barat, Pantai Taman ini hadir melengkapi rangkaian Pacitan sebelah timur. Pantai ini juga lebih dulu di kenal di banding Pantai Pidakan, Soge, Kunir, maupun Pantai Tawang. Bahkan Pantai ini sudah resmi di kelola oleh pemerintah.


Kita dapat menikmati segarnya hembusan angin laut pada pagi, siang, atau sore hari dan mendengarkan deburan ombaknya yang keras, tipikal pantai-pantai selatan. Suasana pantai yang tidak terlalu ramai dan bersih dari sampah, sungguh suatu tempat yang tepat untuk melepas penat. Biasanya di hari2 tertentu/liburan pantai ini di adakan hiburan musik


Pantai Taman ini terletak di Desa Hadiwarno Kecamatan Ngadirojo, Pacitan Jawa timur. Jika di tempuh dari Solo masuk ke Jalur Lintas Selatan (JLS) Pacitan yang nantinya sebelum Pertigaan besar Hadiwarno ada plakat di kanan jalan menuju Pantai Taman (gapura biru). Lokasi gapura masuknya hanya beberapa kilometer saja ke arah timur dari Pantai Soge atau Pantai Tawang. Jika dari arah Timur ada di kiri jalan. Jalan ke arah pantai pun sudah bagus dan dekat, pantai kelihatan dari jalan besar. Dan bisa di lalui oleh mobil maupun bus yang besar.

Pantai taman ini sangatlah panjang dari ujung timur sampai ujung barat dengan area pasir mirip Pantai Telengria. Seperti biasanya di pantai Taman juga ada gardu pandangnya tak jauh dari lokasi masuk. Dan di sebelah timur pantai ada danau kecil yang katanya buatan. Bendungan di dekat danau itu ada sumber mata air, dan di danau itu berair payau (campuran dari air laut dan tawar). Di sebelah barat ada tebing tinggi yang di atasnya adalah Start dari jalur Flying Fox terpanjang di Indonesia . Wahana ini di resmikan oleh Bupati Pacitan pada tanggal 9 september 2013.

Wahana ini meluncur di pinggir pantai Taman dan di atas Tempat Konservasi Penyu. Flying Fox ini panjangnya sekitar 415 meter, dengan ketinggian 74 meter, kekuatan teknik 2.5 ton, dengan kecepatan luncur antara 50km/jam, dan waktu yang di tempuh adalah sekitar 30 detik yang dilengkapi dua jalur kabel yg menurut pengelola masing-masing berkekuatan 2500 kg. Flying Fox ini akan dibuka setiap hari Sabtu dan Minggu.

Dari ketinggian 74 meter di sajikan pemandangan yang sangat bagus nan indah membentang dari barat ke timur di pantai ini. Dari atas bisa teriak sekencang kencangnya di atas sehingga bisa merestart sebuah fikiran dan perasaan yang sedang galau.

Pesisir Pantai Taman, desa Hadiwarno kecamatan Ngadirojo adalah salah satu kawasan pesisir yang di gunakan Penyu untuk bertelur. Ada beberapa spesies penyu yang sering bertelur di kawasan ini, yaitu : penyu hijau, penyu abu abu, penyu sisik dan penyu blimbing. Penyu merupakan kelompok hewan purba, hewan ini telah ada 100 juta tahun yang lalu. Hampir semua jenis penyu termasuk ke dalam daftar hewan yang di lindungi oleh undang undang nasional maupun internasional.

Saat ini penyu dalam kondisi yang mendekati kepunahan, di beberapa tempat di Indonesia penyu di buru untuk di ambil daging maupun telurnya. Sejak lama keadaan masayarakat Dusun Taman terkait wawasan tentang penyu tidak banyak yang mengetahui hal tersebut, jadi ketika penyu mendarat di pesisir untuk bertelur, hal yang di lakukan masyarakat adalah penyu tersebut di tangkap dan di perjual belikan dengan bebas. Masyarakat juga mengenal mitos tentang penyu sebagai hewan yang memiliki nilai mistis, sehingga tidak semua orang berani menyembelihnya.

Pantai Taman adalah sebuah pantai yang memiliki fasilitas yang sudah cukup memadai, sebab pantai ini telah di kelola oleh pemerintah daerah. Mulai dari ketersediaan toilet umum, warung makan, area outbound, hingga penangkaran penyu.

Hamparan pasir pantai yang luas (sekilas mirip Pantai Telengria) sangat nyaman di gunakan untuk berjemur. Namun bagi para pengunjung di sarankan untuk tidak berenang di laut, sebab ombak yang besar dapat menyeret para pengunjung ke tengah lautan apalagi bagi anda yang tidak bisa berenang.

Untuk tarif masuk kawasan wisata Pantai Taman di kenakan biaya sebesar Rp 3.000/orang (2014). Pantai Taman selain menyuguhkan pemandangan yang indah juga memberikan spot untuk menguji adrenalin para pengunjung. Serta dapat menjadi tempat wisata edukatif, dengan adanya kawasan konservasi penyu di sana. Sedangkan untuk anda yang menginginkan suasana pantai pribadi dengan pasir yang luas, anda wajib singgah di Pantai Kunir yang berada di wilayah Kecamatan Sudimoro. Kalau dari Pantai Taman ke arah timur jalan masuknya sebelum sampai di lokasi PLTU Sudimoro.

Untuk lebih mengetahui berbagai tempat wisata di kota Pacitan, silahkan kunjungi berikut :
Note :
Jika ada masalah terkait content di blog ini, Silahkan anda menghubungi kami.
Page : Contact, Facebook : Lorok-TM, Phone / WA : 085203781053