Pantai Soge terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo, Pacitan, Jawa Timur.... Artikel selengkapnya silahkan menuju ke bawah.

Pantai Soge dan jembatan Soge merupakan icon tempat rekreasi wisata bagi masyarakat, pemuda pemudi di kawasan Lorok Pacitan dan sekitarnya. siang dan malam selalu ramai di kunjungi para wisata lokal dan manca. Pantai Soge terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo, Pacitan, Jawa Timur.

Pantai dan Jembatan Soge Sidomulyo


Untuk menuju pantai Soge tidak sulit dari arah manapun masuk JLS (Jalur Lintas Selatan) arah Pacitan-Trenggalek maka anda akan melewati "pas" di bibir pantai Soge, dan menjadi satu satunya Pantai Pacitan yang tepat berada di pinggir JLS. Pantai Soge yang berjarak 276 kilometer sebelah barat daya Kota Surabaya, ibu kota Jawa Timur.


Begitu indahnya sampai terciptalah lagu" ciptaan mahakarya putra Pacitan yang mengisahkan tentang Pantai Soge. Pantai yang baru baru ini terkenal semenjak di bangunya JLS. Alur muara sungai berkelok mengitari pasir putih kecoklatan yang membentang di tengah hingga jarak radius 150an meter sehingga memberi ruang cukup luas bagi wisatawan untuk bermain apa saja dan menikmati keindahan wahana alami pantai.


Cantiknya Pantai Soge, Sidomulyo adalah salah satu pantai berpasir putih yang ada di Pacitan. Pantai ini masih sangat bersih dengan ombak yang lumayan besar dan belum banyak di ketahui wisatawan. Banyak kegiatan yang bisa anda lakukan di sini, seperti berenang, berjemur, memancing, berkemah atau sekedar duduk menikmati pemandangan. Pasti asyik di kunjungi bersama teman atau keluarga.


Masih ada satu lagi wahana hiburan yang bisa di nikmati oleh pengunjung selain sekedar berdiri memandangi ombak di tepian pantai, bermain air, ataupun sekadar nongkrong di bawah pohon kelapa sembari menikmati sajian es kelapa muda. Wahana itu adalah ”danau kecil” yang terbentuk karena air laut tidak sepenuhnya tertarik ke tengah laut saat terjadi fenomena air surut, dan terpisah oleh gundukan pasir putih yang membentang di tengah. Danaunya tidak terlalu luas, tetapi sudah cukup untuk manuver speed boat atau kapal cepat kecil ataupun perahu wisata yang di sewakan sejumlah nelayan setempat. Tak heran jika danau kecil berair payau (air laut bercampur air tawar dari Sungai Soge) ini menjadi rujukan wisatawan.

Selain posisinya yang teduh di pinggiran kebun kelapa, hanya dengan biaya Rp15.000 per orang, pengunjung bisa menyewa jasa perahu wisata atau speed boat kecil untuk mengitari danau tersebut hingga beberapa kali putaran. Pantai Soge ini adalah pantai yang terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo, Pacitan, Jawa Timur. Pesona kawasan pesisir di Kabupaten Pacitan yang di juluki ”Kota 1001 Goa” ini mulai terbuka seiring pembangunan infrastruktur memadai, yaitu jalur lintas selatan (JLS) yang dari arah Trenggalek tembus hingga wilayah Jawa Tengah.

Siapa saja yang berkunjung ke daerah ini masih akan di suguhi pemandangan lain yang tak kalah menakjubkan. Antara lain, jembatan Soge di salah satu ruas jalur lintas selatan setempat yang di buat futuristik dengan desain konstruksi pipa lengkung di bagian atasnya sehingga menyerupai rangka kubah raksasa. Banyak wisatawan atau remaja lokal yang sengaja berhenti di sekitar jembatan Soge yang panjangnya sekitar 50 meter ini untuk sekadar berfoto atau menikmati pantai dari celah alur muara Sungai Soge. Sayang jika momentum indah ini di lewatkan. Jembatan ini sudah menjadi salah satu ikon jalur lintas selatan Pacitan karena desain konstruksinya berbeda dengan jembatan jembatan lain pada umumnya.

Keramaian memang sangat terasa saat libur Lebaran. Banyak pemudik atau wisatawan yang sengaja datang ke surga wisata pesisir selatan Pacitan untuk sekadar membuktikan kabar yang berkembang dari mulut ke mulut, ataupun berita perjalanan wisata yang di buat sejumlah bloger maupun jurnalis media online.

Maklum saja, selain Pantai Soge yang menakjubkan saat di pandang dari salah satu ujung tanjakan jalur lintas selatan tersebut, di sepanjang jalur lintas selatan yang baru di buka pada pertengahan 2012 itu juga di suguhkan banyak wahana wisata pantai lain yang tak kalah mempesona, di antaranya ada Pantai Kowang sebuah pantai perawan yang juga mulai di kenal karna lokasinya tepat berada di sebelah barat pantai Soge ini. Bahkan menurut data dinas pariwisata setempat, total ada 40an lebih wahana wisata pantai di sepanjang pesisir selatan Pacitan yang lokasinya di lewati atau berdekatan dengan jalur lintas selatan.

Suasananya masih alami dan perawan, biru lautnya mempesona untuk di nikmati, pemandangan sepanjang jalannya mencuri perhatian. Dari Kota Pacitan mengarah ke timur, perjalanan di tempuh selama sekitar 1 jam perjalanan memakai motor atau mobil. Rutenya, Kota Pacitan - Kecamatan Kebonagung - Kecamatan Tulakan - Kecamatan Ngadirojo - Pasar Lorok atau Pasar Wiyoro ada pertigaan ambil kiri ke arah PLTU atau Trenggalek, terus ambil ke kanan. Jalur ini sudah ada angkutan umum bus Pacitan - Lorok. Atau sekarang ini anda juga sudah bisa melewati Jalur Lintas Selatan yang lebih mudah dan dekat, dari pacitan kota (Alun alun) ke arah timur (Kebonagung) melewati pasar Arjowinangun belok kanan lalu ikuti terus jalur utama sampai masuk Kecamatan Ngadirojo maka anda akan sampai di Pantai Soge.

Persiapkan diri karena sepanjang jalan akan di temui beberapa pantai, kalau dari arah Trenggalek maka akan melewati pantai seperti Pantai Taman, Pantai Tawang, dan sampailah di Desa Sidomulyo (lokasi Soge). Sedangkan untuk retribusinya, sangat sangat murah cukup dengan Rp 2.000 per motor (seikhlasnya), traveler sudah dapat menikmati keindahan Pantai Soge. Yang membuat terkesima adalah perjalanan menuju Pantai Soge. Jalan kiri kanan di hiasi oleh lukisan nyata dari yang Maha Kuasa berupa tebing bebatuan, pepohonan, tanjakan ekstrem, lalu di sambut turunan ekstrem, dan tikungan yang menantang. Sungguh sempurna untuk menikmati perjalanan menggunakan transportasi roda dua yang sensasinya sangat menantang.

Di kawasan pantai sudah mulai di bangun warung warung kecil yang menjual makanan ringan dan minuman. Semenjak di bangunya JLS perkembangan Pantai ini mulai terlihat. Untuk 4-5 tahun kedepan, pasti pantai ini akan lebih maju.. Jangan lupa kunjungi juga Pantai Pidakan Dan Laut Anakan Pantai Tawang yang juga masih bertetangga dengan Pantai Soge.

Untuk lebih mengetahui berbagai tempat wisata di kota Pacitan, silahkan kunjungi berikut :
Note :
Jika ada masalah terkait content di blog ini, Silahkan anda menghubungi kami.
Page : Contact, Facebook : Lorok-TM, Phone / WA : 085203781053