25 Mei 2015

Satu lagi pantai cantik di kampung halaman SBY. Jika kebanyakan wisatawan hanya mengenal Pantai Klayar, ternyata ada beberapa pantai cantik lainnya di kampung halaman SBY, Pacitan, Jatim. Buktinya ada pantai Pidakan yang masih masih benar-benar perawan. Mau lihat? Jarak pantai Pidakan dari pusat Kota Pacitan hanya 30 menit saja.

Pantai ini tepatnya berada di desa Jetak dengan akses jalan penghubung jalur lintas selatan (JLS) yang sangat bagus. Pantai Pidakan terletak di sebelah timur Pacitan dan menghubungkan kota tersebut dengan PLTU. Pantai Pidakan masih benar benar perawan. Di pantainya anda bisa melihat hamparan terumbu karang, bulu babi, landak laut, hingga kepiting bakau. Pantai ini tak mempunyai pasir pantai, karena sebagian besar adalah bebatuan karang. Siapa pun yang datang ke Pantai Pidakan siap-siap terpesona.

Pantai Pidakan Tulakan


Keindahan yang tersembunyi di balik bebatuan. Pantai ini masih alami terkenal dengan keindahan alam yang mempesona dan terkenal kesejukan udaranya dengan hamparan pantai yang di hiasi batuan kerikil yang menghiasi pantainya, itu membedakan dari pantai2 di Pacitan lainnya. lambaian sejuk dari banyaknya pepohonan kelapa yang menambah keanggunan pantainya, kita juga dapat melihat bintang laut dan biota laut lainnya. Terletak di dusun Godeg Wetan, Desa Jetak, Kecamatan Tulakan dan 30 Km dari kota Pacitan.

Pantai Pidakan Tulakan, Pacitan_Jatim - 2

Ciri khas yang menonjol dari pantai ini adalah di antara rincian dari material Pantainya 70 % yaitu bebatuan alam dan sisanya merupakan pasir putih, sehingga di sana terdapat banyak batuan batuan alam yang kesemuanya dalam berbagai variasi bentuk maupun ukuran, ada yang putih bulat seperti batu kali agak besar besar yang tersebar di sepanjang pesisir pantai, batu berukir ukiran dan lain lain serta tak kalah dari banyak batuan di pantai ini terdapat juga karang karang yang seakan keberadaannya sebagai kolam kolam pemijahan ikan yang di siapkan kepada para pengunjung untuk memancing ataupun berenang di dalamnya. Dan juga seperti pantai pantai biasanya, di pantai ini juga terdapat pasir putih, tebing dan karang yang akan kita jumpai di sekelilingnya.

Pantai Pidakan Tulakan, Pacitan_Jatim - 3

Sejak dibangunya JLS pantai pidakan semakin populer dan sangat mudah di kunjungi. Dengan melalui JLS Pacitan - Trenggalek, ada 2 jalur pertigaan masuk yang bisa di lalui menuju ke pantai ini.

Rute menuju Pantai Pidakan :

→ Bila anda datang dari arah pacitan kota sampai Pasar Arjowinangun belok kanan arah Kebonagung lalu telusuri terus JLS ke arah timur, setelah masuk wilayah Tulakan akan menemui papan nama penunjuk arah kecil di pinggir jalan berada di sebelah kanan bertuliskan Pantai Pidakan, jalan yang pertama atau bagian barat ini kondisi jalanya masih beraspal baru pada tahun 2015 (jalan lebih dekat) dan akan sampai pantai sebelah ujung barat.

→ Yang kedua anda bisa lewat penunjuk arah pantai pidakan berikutnya atau sebelah timur dari jalan yang pertama. Jalanya lumayan bagus dan sudah beraspal. Dari jalan ini akan sampai lokasi pantai yang sebelah timur. Dan intinya dari kedua jalan ini tujuanya sama ke satu lokasi. Juga jangan lupa bertanya kepada warga sekitar sekiranya anda bingung.

Di sarankan lebih baik saat berangkat dari arah barat, anda lewati saja jalan masuk yang pertema dan akan sampai di pantai Pidakan ujung sebelah barat, lalu telusuri sejengkal demi sejengkal bagian bagian pantai ini sampai ujung timur, dan saat pulang sekalian lewat jalur keluar sebelah timur itu, jadi jalan dua duanya sama sama di lalui dan tak ada momen yang terlewatkan.

Sekilas panorama dari pantai ini yang pertama adanya pohon pohon kelapa banyak tumbuh di pantai Pidakan dengan lokasi yang rata dan cukup lapang. Untuk pecinta fotografi lokasi Pantai Pidakan ini ideal banget banyak pohon pohon kelapa dan bebatuan bertebaran di seketar pantai. anda juga dapat melihat bintang laut dan biota laut lainnya seperti bulu babi, landak laut, hingga kepiting bakau, dan juga banyak cangkang cangkang kerang/molusca lain di sini.

Untuk fasilitas yg tersedia memang belum terlalu komplit dan tiket masuk cuma membayar Rp.2000,-/orang di hari hari libur (pada th2014). Di sini tersedia tempat parkir yg sangat luas dan bisa untuk mendirikan tenda, ada fasilitas kamar mandi umum lumayan bersih, dan biasanya warung makan hanya buka pada siang hari.

Pantai dengan pemandangan panorama khas bebatuan, pasir putih dan angin semilir ini mempunyai keindahan pesona pemandangan saat sore hari. Pemandangan saat matahari tenggelam memang sangat indah apabila di lihat dari lokasi ini. Namun tidak hanya itu, pesona kerikil kerikil yang ada di hamparan pasir putihnya juga menjadi nilai plus untuk segi keunikan sebuah tempat wisata.

Jarak tempuh dari pusat kota akan membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 1 jam perjalanan malawati JLS. Anda akan di suguhi pemandangan alam yang menekjubkan dari pantai Pidakan ini. Lukisan alam yang sangat indah dan menawan dengan pesona pesona eksotis dominasi warna jingga saat sunset.

Pantai Pidakan di Pacitan asri dan masih asli bisa di golongkan masih virgin. Tempat wisata yang sering di kunjungi di Pacitan memang terkenal dengan Goa Gong, Pantai Klayar atau Pantai Teleng Ria. Namun tidak ada salahnya anda menyempatkan waktu untuk menginjakkan kaki anda di Pantai Pidakan ini. Atau anda yang menginginkan pantai virgin lainya anda bisa coba Pantai Kowang yang lokasinya di sebelah timur Pantai Pidakan.

Semoga Liburan Anda Menyenangkan