Pantai Buyutan Kalak Pacitan

Keindahan panorama pantai Buyutan, pantai tersembunyi di kota seribu gua (hidden paradise). Pantai Buyutan adalah salah satu pantai yang indah dan pantai yang masih sangat tersembunyi di kabupaten Pacitan. Pantai yang indah dengan pasir putih memanjang dan lembut tersapu ombak dengan hiasan karang berbentuk menara, juga di hiasi dengan batuan karst sebagai hiasan pantai pantai dengan panorama seindah lukisan

Pantai Buyutan

Pantai Buyutan terletak di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Pacitan, Jawa Timur. Lokasinya tak jauh dari Pantai Klayar, sekitar 4 km ke arah barat anda akan bertemu dengan perempatan Desa Kalak, lalu ada petunjuk arah sederhana menuju Buyutan. Jalan di sana sebagian sudah di semen dan sebagian lagi masih jalan batu/makadam. Namun perjuangan menempuh pantai ini sepadan dengan keindahan yang di tawarkan.

Jalur termudah menuju Pantai Buyutan adalah melalui jalur ke Goa Gong. Dari jalan utama Pacitan - Solo tepatnya di pertigaan dekat Masjid Besar Punung (jika dari arah Kota Pacitan berarti setelah SPBU Punung). Dari pertigaan ini jika dari arah Pacitan belok kiri, sampai ketemu pertigaan lagi ambil kanan, ikuti terus jalan aspal jalur Goa Gong. Setelah sampai kompleks Goa Gong, terus ambil jalan jurusan Kalak (ada papan penunjuk arah). Sampai di perempatan Balai Desa Kalak, ambil kiri setelah melewati Pasar Kalak ketemu pertigaan, ambil jalan yang kanan arah desa Widoro. Ikuti terus jalan ini sampai ketemu pertigaan dengan papan petunjuk informasi menuju Pantai Buyutan yang terletak di kiri jalan. Nah, ikuti jalanan yang menurun ini. Awalnya jalan aspal kemudian masuk ke jalan rabat. Jika ada percabangan jalan ikuti terus jalan yang lurus. Di beberapa titik jalan masih berupa jalan makadam dan mendekati lokasi pantai kembali melewati jalan rabat.

Pantai Buyutan pacitan

Lokasi pantai di awali dengan hamparan persawahan yang sangat luas dan rata, dengan hiasan gubuk gubuk petani yang menyajikan panorama landscape yang sangat menawan terutama jika kita kesana pagi atau senja hari. Ketika sampai di ujung jalan atau di ujung selatan kawasan persawahan ini, pesona sesungguhnya barulah nampak di hadapan kita. Sebuah pantai yang tersembunyi di bawah areal pesawahan. Pantai dengan pasir putih yang menghampar sepanjang tepiannya dengan air laut yang sangat jernih sungguh menyajikan pesona alam yang tidak terlupakan.

Kita bisa saja berhenti sampai sini untuk menikmati pantai dari atas (lokasi ini merupakan salah satu lokasi paling tepat untuk menikmati sunset di pantai). Kita juga bisa menuju ke kawasan pantai dengan berjalan kaki karena kendaraan biasa tidak bisa turun ke areal pantai yang menurun dan berkelok curam.

Pantai buyutan mempunyai ciri khas batu batu karang yang beraneka bentuk, ada yang berbentuk mirip perahu dan yang paling khas berbentuk seperti mahkota dewa. Konon menurut mitos yang di ceritakan oleh penduduk setempat, batu ini dulunya merupakan mahkota dewa Narada yang terjatuh ketika sedang terbang di kawasan itu.

Kawasan pantai juga ada tanah lapang yang lumayan luas cocok di gunakan bagi anda yang berminat camping. Ada juga sumber air tawar kecil yang bisa di gunakan untuk kebutuhan memasak/minum dan juga mandi/berbilas setelah bermain air laut.

Perlu sedikit berhati hati di pantai ini terutama bagi yang berkemah, karena di tebing tebing di belakang kawasan pantai merupakan habitat yang di huni kawanan monyet. Tidak terlalu mengganggu sebenarnya karena mereka pada dasarnya takut dengan manusia, tapi tidak ada salahnya untuk waspada terutama terhadap barang barang bawaan kita.

Pantai Buyutan walaupun belum di kelola sebagai pantai wisata, tetapi tetap menyajikan fasilitas alam yang tentunya sangat mendukung pesona keindahannya bagaikan surga yang tersembunyi. Ayo berwisata ke Pacitan.

Untuk lebih mengetahui berbagai tempat wisata di kota Pacitan, silahkan kunjungi berikut :
Lorok™Saya hoby mengisi waktu luang dengan ngeblog. Situs saya diantaranya : loroktm.com situs dengan konten electronic dan seputaran Pacitan. bestliriklagu.com situs dengan konten kumpulan lirik lagu terbaru dan terbaik.