Pantai Bercak Pacitan


Lokasi pantai yang bersebelahan dengan salah satu pantai yang sudah menjadi tujuan utama wisata di Pacitan yakni Pantai Watukarung membuat rute ke Pantai Brecak cukup mudah di cari. Jika anda berjalan dari kota Pacitan langsung menuju arah ke Pantai Klayar / Pantai Watu Karung. Kenapa harus mengikuti arah ke 2 pantai tersebut? Karena kedua pantai tersebut merupakan wisata unggulan pantai di Pacitan dan banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun asing sehingga petunjuk arah ke dua pantai tersebut sudah memiliki petunjuk arah permanen dan ada di setiap tikungan, sehingga memudahkan untuk dapat menuju pantai yang ada di sekitarnya.

Sesampainya di pertigaan Pringkuku ambil arah ke Watu Karung, terus ikuti petunjuk hingga bertemu di pertigaan Watu Karung / Klayar, lalu ambil arah Watu Karung. Dari situ terus ikuti jalan hingga bertemu persimpangan dengan petunjuk arah berupa papan kayu yang menginformasikan letak Pantai pantai alternatif di sekitar area Watu Karung salah satunya Pantai Brecak. Karena belum adanya akses jalan yang bisa di lewati kendaraan maka kendaraan bermotor di parkirkan di tempat yang sudah di sediakan warga. Dari tempat parkir tersebut anda harus berjalan dan pantai pertama yang akan anda lewati adalah Pantai Kasap. Dari pantai tersebut menaiki perbukitan hingga tiba di tujuan utama yakni Pantai Bercak. Belum ada tiket masuk ke pantai ini hanya saja pengunjung membayar biaya parkir sebesar Rp 2.000/ Motor dan Rp 5.000/ Mobil.

Pantai Bercak


Terkadang kita lupa mensyukuri hal-hal yang dengan mudah kita dapatkan. Keindahan panorama alam yang satu ini juga tidak perlu di ragukan. Memang tidak ada habisnya membahas pariwisata pantai di kota 1001 Goa ini. salah satu yang mulai muncul ke permukaan alias ramai di media sosial adalah Pantai Brecak. Terletak di desa Jlubang kecamatan Pringkuku. Salah satu alasan pantai ini sepi pengunjung mungkin karena  jarak nya yang cukup jauh jika ditempuh dari area tempat parkir kendaraan hingga tiba di bibir pantai. Bahkan harus melewati perbukitan di Pantai Kasap yang tepat berada di sebelahnya. Akses jalan inilah yang dirasa berat untuk sebagian orang tertutama mereka yang tidak terbiasa trekking karena harus menaiki tebing perbukitan yang mengurung pantai indah ini.

Seperti pantai di Pacitan pada umumnya, Pantai Brecak memiliki pasir yang putih halus, dengan bukit karang yang mengelilingi dan beberapa bebatuan besar yang terdapat di bibir pantai. Suasana tenang dan nyaman akan langsung anda rasakan sesampainya di pantai ini, jauh dari raungan suara kendaraan dan serasa seperti berada di pantai pribadi. Ombak di pantai ini pun tidak terlalu besar karena terlindungi dari teluk yang ada di sekeliling nya. Jadi aman jika anda datang dengan anak – anak, meski demikian tetap dengan pengawasan. Kondisi bawah lautnya masih berupa karang meskipun tidak tajam namun ada baiknya gunakan alas anti slip agar tidak terpeleset dan tergores batu karang.

Jika anda hanya ingin sekedar menikmati pemandangan, maka cukup bersantai di atas bukit dengan menggelar tikar atau alas sejenisnya dan menikmati deretan pantai yang ada di sekitarnya dengan berbagai bentuk tebing karang / teluk. Jika dirasa belum puas menikmati pemandangan dan air di pantai ini maka anda dapat mengunjungi pantai lainnya yang tempatnya hanya saling bersebelahan. Di antaranya adalah Pantai Sruni, Pantai Kasap, dan Pantai Denombo. Atau jika anda penasaran ingin melihat secara langsung Pantai yang terkenal akan ombaknya di kalangan surfer baik lokal dan internasional maka bisa ke Pantai Watu Karung. Jika masih kurang anda juga bisa menikmati pengalaman seru mengarungi Sungai Cokel.

Untuk lebih mengetahui berbagai tempat wisata di kota Pacitan, silahkan kunjungi berikut :
Lorok™Saya hoby mengisi waktu luang dengan ngeblog. Situs saya diantaranya : loroktm.com situs dengan konten electronic dan seputaran Pacitan. bestliriklagu.com situs dengan konten kumpulan lirik lagu terbaru dan terbaik.