Padang Rumput Bukit Pantai Klayar Pacitan

Pantai Klayar tepat terletak di Desa sendang, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.... Artikel selengkapnya silahkan menuju ke bawah.

Sungguh bagaikan surga panorama alam di Pacitan bagian yang satu ini. Amazing. padang rumput ini terletak di bukit sebelah timur pantai klayar. Pantai klayar merupakan salah satu wisata pantai andalan pacitan, ini di tunjukkan dengan kedatangan rombongan keluarga pak SBY pada tahun 2013 an yang lalu.

Pantai Klayar


Pantai Klayar tepat terletak di Desa sendang, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Sedikit cerita perjalanan berwisata di Pacitan. Tujuan utama waktu itu adalah pantai klayar, tetapi sekalian mampir di pantai teleng ria dulu, karena akses dari kota pacitan ke pantai teleng ini sangat dekat, lanjut perjalanan ke pantai watu karung melalui jalan raya pacitan-solo ikuti petunjuk arah yang mau ke watu karung. Di kecamatan pringkuku belok kiri sampai ketemu pantai watu karung. Sekitar satu jam di pantai watu karung foto foto dan menikmati putihnya pasir dan birunya air laut lanjut perjalanan ke pantai klayar. Dari watu karung ke pantai klayar anda bisa memilih dua jalur perjalanan, yang pertama balik arah lagi ke jalan raya, ini bertujuan mencari jalan yang bagus dan lebar. Atau pilihan ke dua dengan meneruskan perjalan dari watu karung ke pantai klayar, tetapi jalan agak rusak dan berliku liku naik turun deh pokoknya, tapi asyik juga sekalian ngebolang, he he. Jarak dari watu karung ke pantai klayar kurang lebih 10KM.


Nah di pantai klayar ini ada satu tempat yang di beri nama seruling sakti eh salah, seruling sakti kan punya nya caesar goyang yks itu. Di pantai klayar ada satu tempat yang di beri nama seruling samudera, wah apa lagi ini? Seruling samudera adalah tempat di mana ada air yang tiba tiba keluar dari dalam batu besar dan kadang mengeluarkan suara seperti seruling, tapi bukan seperti seruling dangdut ya suaranya. Air yang keluar ini bisa mencapai ketinggian kurang lebih 10 M, dan biasanya para pengunjung berburu foto untuk dapat menangkap momen yang unik ini. Muncul pertanyaan? kok bisa tiba tiba ada air yang keluar dari bebatuan sampai setinggi itu? iya, karna air itu keluar dari rongga rongga bebatuan yang di hantam ombak besar dari tengah lautan.


Jarak dari tempat parkir ke seruling samudera ini kurang lebih 1km dengan menyusuri sepanjang pinggiran pantai di atas pasir putihnya. Anda juga bisa menyewa motor roda tiga yang di buat sirkuit mini itu apa namanya saya lupa? dengan biaya sewa Rp.50.000   per setengah jam nya. Selain menuju ke seruling samudera anda jg bisa sekalian menikmati pemandangan di sepanjang pantai. Tetapi harus di ingat, jika kita ingin menuju ke seruling samudera harus di sertai pemandu, awalnya sih kirain cuma seperti pemandu wisata gitu, tetapi bukan ini tugasnya, pemandu ini adalah orang yang sangat hafal sekali tentang pasang surutnya air laut, jadi jika air pasang bisa kemungkinan seruling samudera ini belom bisa di kunjungi sampai menunggu air surut. Mengingat ombak di pantai klayar ini cukup wus wus.  "untuk pemandu ada biaya Rp.5000 mas" kata salah satu pemandu.

Berikut di bawah ini peta/denah rute untuk menuju ke pantai klayar.


Keterangan :
A : Pacitan Kota
B : Pantai Watukarung
C : Pantai Klayar
D : Goa gong
E : Jl Sedeng (Dari/Menuju ke pacitan kota)

Jika anda dari arah surakarta atau yogyakarta bisa belok kanan di kecamatan punung. Di gambar peta pas di titik warna kuning dan ungu.

Untuk lebih mengetahui berbagai tempat wisata di kota Pacitan, silahkan kunjungi berikut :
Note : Jika ada masalah terkait content di blog ini, silahkan anda menghubungi kami.
Contact / Phone / WA : 085203781053