Tentang Desa Wiyoro Ngadirojo Pacitan

Wiyoro adalah sebuah desa di Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Indonesia.... Artikel selengkapnya silahkan menuju ke bawah.

Wiyoro adalah sebuah desa di Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Indonesia. Mata pencaharian masyarakat desa Wiyoro mayoritas pedagang, petani, PNS, swasta, pengrajin, Dll. Wiyoro merupakan jantung dari Kecamatan Ngadirojo. Di desa ini terdapat : Pasar induk kecamatan. KUA, masjid Jami', pertokoan, terminal, mini market, dealer serta bank. Pasar Wiyoro memiliki hari pasaran pahing.

Desa Wiyoro


Desa Wiyoro terdiri dari 3 dusun :
1. Dusun Kasab
2. Dusun Mojo
3. Dusun Kaliatas
- Jumlah RW ada 7 dengan jumlah RT 23

Geografi

Batas wilayah desa Wiyoro :
- Di sebelah utara berbatasan dengan Desa Ngadirojo.
- Di sebelah selatan berbatasan dengan Desa Tanjung Puro.
- Di sebelah Barat berbatasan dengan Desa Pagerejo.
- Di sebelah Timur berbatasan dengan Desa Pagerlor/Pagerkidul Kec. Sudimoro.

Bentangan wilayahnya meliputi dataran rendah, aliran sungai dan bantaran sungai.

Sejarah Desa Wiyoro

Desa Wiyoro berdiri sejak jaman Penjajahan Belanda dan pada waktu itu jabatan Kepala Desa dipegang oleh Lurah dan dibantu oleh pimpinan dusun yang disebut dengan kamituwo dan beberapa staf administrasi yang disebut Carik, modin, Putungan dan beberapa pelaksana teknis seperti: Jogoboyo dan Jogotirto. Konon cerita Desa Wiyoro berasal dari kata Wiyar yang artinya luas. Arti luas bukan hanya dilihat dari segi kewiyahannya namun luas disini dapat diartikan luas pemikirannya dan luas wawasannya terhadap masa depan desa Wiyoro.

Iklim Desa Wiyoro sebagaimana desa-desa lain diwilayah Indonesia mempunyai iklim kemarau dan penghujan, hal tersebut mempunyai pengaruh langsung terhadap pola tanam yang ada di Desa Wiyoro Kecamatan Ngadirojo.
Note : Jika ada masalah terkait content di blog ini, silahkan anda menghubungi kami.
Contact / Phone / WA : 085203781053