Tentang Desa Sidomulyo Ngadirojo Pacitan


Sidomulyo adalah sebuah desa di kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Indonesia. Desa Sidomulyo terletak 11 km ke arah selatan dari kota Kecamatan, Desa Sidomulyo mempunyai luas wilayah seluas 1.680.265 hektar. Mata pencaharian penduduk desa sidomulyo mayoritas nelayan, petani, swasta, PNS, pedagang, pengrajin, Dll

Desa Sidomulyo


Desa Sidomulyo terdiri beberapa dusun :
- Tawang Wetan
- Tawang Kulon
- Soge
- Pagutan
- Krajan
- Pur Sari
- Ledok Kulon
- Ledok Wetan
- maaf apabila ada yang salah (belum tau semuanya)

Geografi

Batas wilayah desa Sidomulyo :
- Di sebelah utara berbatasan dengan Desa Pagerejo dan Desa Padi Kec. Tulakan.
- Di sebelah selatan berbatasan dengan Samudera Indonesia.
- Di sebelah Barat berbatasan dengan Desa Jetak Kec. Tulakan.
- Di sebelah Timur berbatasan dengan Desa Hadiwarno dan Desa Hadiluwih.

Bentangan wilayahnya meliputi dataran rendah, dataran tinggi, berbukit-bukit, pesisir pantai, aliran sungai dan bantaran sungai.

Peta Desa Sidomulyo

Sejarah Desa Sidomulyo

Dahulu di wilayah Pedukuhan Pagutan sebagai pusat pemerintahan pedukuhan lainnya (9 dukuh). Diantaranya Dukuh Kahuripan tempat domisili kademangan (pemimpin) desa Pagutan waktu itu dengan sebutan Ki Demang. Menurut sejarah Ki Demang berasal dari Watu Ireng Pajang. Setelah sekian waktu lama masa kademangan habis, tampuk pimpinan desa Pagutan tadi diganti Lurah bernama KARTODIMEDJO yang berdomisili di dukuh Kahuripan (sekarang Dusun Krajan).

Setelah masa kepemimpinan lurah Kartodimedjo habis, kemudian digantikan oleh lurah yang bernama PONCOREJO yang berdomisili waktu itu di Dukuh Ledok (sekarang Dusun Ledok Kulon/Gunung gadung). Waktu berjalan lama, setelah tampuk pimpinan lurah Poncorejo habis, kemudian diganti oleh lurah KASMANI yang waktu itu berdomisili di Dusun Ledok (sekarang Dsn. Ledok Wetan/Lundo). Kemudian lurah Kasmani diganti oleh Lurah BLAWONG yang berdomisili di NGGORO LEMAH (sekarang Dusun Tawang Wetan).

Selanjutnya lurah Blawong diganti oleh Lurah JUMADI yang waktu itu berdomisili di Nggoro lemah (sekarang Dusun Tawang Kulon). Kemudian lurah Jumadi diganti oleh Lurah HORMAT yang waktu itu berdomisili di dukuh Kahuripan (sekarang Dusun Krajan), selanjutnya lurah Hormat diganti oleh Lurah SASTROWIYONO yang berdomisili di Dukuh Kahuripan (sekarang Dusun Krajan).

Dari lurah Sastrowiyono diganti oleh Lurah bernama BIBIT SOEMOPRAWIRO yang berdomisili di dukuh Kahuripan (sekarang Dusun Krajan). Pada era lurah Bibit Soemoprawiro desa Pagutan diganti nama Desa Sidomulyo, sejak 1927 hingga sampai tahun 1968. Setelah itu diganti lurah SLAMET SOMOSUDIRO sebagai kepala desa Sidomulyo dari tahun 1969-1990, Bambang Setyoko tahun 1990-1998, mashudi tahun 1998 – 2006 dan kembali pada Bambang setyoko mulai tahun 2006 hingga tahun 2013.

Potensi Wisata

Desa Sidomulyo memiliki beberapa tempat yang berpotensi di jadikan sebagai lokasi wisata. Beberapa di antaranya telah di jadikan sebagai lokasi wisata.

Pantai Soge

Pantai Njolanten atau lebih terkenalnya Pantai Soge juga jalur lintas selatan (JLS) dengan jembatan birunya.

Pantai Soge Sidomulyo

Jembatan Soge Sidomulyo

Tambak Udang

Tambak udang desa Sidomulyo terletak di sekitar kawasan jembatan Soge

Tambak Udang Desa Sidomulyo

Pantai Puring Indah

Pantai puring indah terletak tepat di sebelah timur pantai soge yang juga masih jalur lintas selatan.

Pantai Puring Indah Sidomulyo

Pantai / Laut Anakan

Pantai / Laut Anakan adalah tempat pelelangan ikan (TPI) serta para nelayan mencari ikan. banyak para wisatawan siang dan malam pada berkunjung ke sana menikmati keindahanya sambil membakar ikan laut di tepi pantai Anakan.

Pantai Laut Anakan Sidomulyo

Goa

Di Desa Sidomulyo juga terdapat beberapa goa yang menarik untuk dikunjungi, salah satu diantaranya adalah goa Lawa. Goa lawa ini telah banyak di kunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Hanya saja di dalam gua tersebut belum diberi penerangan sehingga para pengunjung harus membawa lampu penerangan untuk dapat menjelajahi gua tersebut.

Sarana dan Fasilitas umum di Desa Sidomulyo

Puskesmas Desa Sidomulyo

Jembatan Pagutan Sidomulyo

SD Negeri Sidomulyo IV

Masjid Dusun Tawang Kulon

Gerbang TPI - Balai Pertemuan

Masjid Dusun Tawang Wetan

Masjid Pantai Anakan

Lapangan Volly Pantai Anakan

Kawasan Pantai Anakan

TPI Laut Anakan Sidomulyo
NOTE :
Jika ada masalah terkait content di blog ini, Silahkan anda menghubungi kami
Page : Contact
Facebook : Lorok-TM
Phone / WA : 085203781053