Tentang Desa Hadiwarno Ngadirojo Pacitan

Hadiwarno adalah sebuah desa di kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Indonesia.... Artikel selengkapnya silahkan menuju ke bawah.

Hadiwarno adalah sebuah desa di kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Indonesia. Desa Hadiwarno letaknya tidak terlalu dari jauh dari Pacitan Kota yaitu 38 KM. Jarak dengan ibukota Provinsi Jawa Timur, Surabaya, sejauh 400 KM. Sedangkan jarak dari pemerintah kecamatan sejauh 5 KM. Mata pencaharian yang utama di Desa Hadiwarno yaitu di bidang pertanian dan perkebunan serta perikanan dan pertambakan.

Desa Hadiwarno


Desa Hadiwarno merupakan sebuah desa swakarya yaitu transisi atau peralihan dari desa swadaya menuju desa swasembada dengan ciri-ciri :

1. Kebiasaan atau adat istiadat sudah tidak mengikat penuh.
2. Sudah mulai menpergunakan alat-alat dan teknologi
3. Desa swakarya sudah tidak terisolasi lagi walau letaknya jauh dari pusat perekonomian.
4. Telah memiliki tingkat perekonomian, pendidikan, jalur lalu lintas dan prasarana lain.
5. Jalur lalu lintas antara desa dan kota sudah lancar.

Dalam wilayah desa dapat dibagi atas dusun atau padukuhan, yang merupakan bagian wilayah kerja pemerintahan desa dan ditetapkan dengan peraturan desa.

Desa Hadiwarno terdiri 9 dusun :
1. Taman
2. Pucung Kulon
3. Pucung Wetan
4. Kangkung
5. Damas
6. Kebondalem
7. Bondalem
8. Sogo
9. Doko

Geografi

Batas wilayah desa Hadiwarno :
- Di sebelah utara berbatasan dengan Desa Hadiluwih.
- Di sebelah selatan berbatasan dengan Samudera Indonesia.
- Di sebelah Barat berbatasan dengan Desa Sidomulyo.
- Di sebelah Timur berbatasan dengan Desa Pager Kidul.

Bentangan wilayahnya meliputi dataran rendah, dataran tinggi, berbukit-bukit, pesisir pantai, aliran sungai dan bantaran sungai.

Peta Batas Desa Hadiwarno

Batas Wilayah Desa Hadiwarno

Potensi Desa

Potensi Fisik

Potensi alam pada Desa Hadiwarno sangat beragam. Kondisi tanah yang ada yaitu berwarna kuning dan hitam, dengan tekstur lampungan dan berpasir yang memiliki tingkat kemiringan tanah sebesar 300. Ketinggian tanah Desa Hadiwarno yaitu antara 5-150 meter di atas permukaan laut. Banyaknya curah hujan dalam 1 tahun yaitu 2.200 mm. Keadaan suhu rata-rata yaitu 300C dengan kelembapan sebesar 60%. Bahan galian yang ditemukan meliputi batu kapur, pasir serta batu gamping.

Komoditas pangan yang dihasilkan meliputi jagung, kacang kedelai, kacang tanah, kacang panjang, padi, ubi kayu, mangga, pisang, semangka. Hasil perkebunannya meliputi kelapa, kopi, cengkeh, coklat. Hasil hutannya meliputi akasia, bambu, jati, mahoni, arang dan madu lebah. Di pesisir pantainya juga banyak ditanaman tanaman mangrove.

Komoditas ternak yang dihasilkan meliputi sapi, ayam kampung, serta lebah madu. Untuk komoditas perikanannya meliputi tuna, tongkol, hiu, kakap, tenggiri, pari, kembung, kerapu, layur, udang, kepiting, lele, patin, nila, gurame, belut dan rumput laut. Untuk hewan liar yang masih berada di Desa Hadiwarno yaitu babi hutan, monyet ekor panjang, ular welang, ular weling, biawak, ikan glodok.

Potensi Non-fisik

Potensi non fisik, meliputi; masyarakat desa, lembaga-lembaga sosial desa, dan aparatur desa, Masyarakat desa yang ada sebagian besar merupakan warga asli Pacitan, hanya sebagaian orang yanng merupakan pendatang. Lembaga sosial desa  yang ada terdiri Badan Permusyawaratan Desa (BPD), LKMD, PKK, Karang Taruna, GAPOKTAN, dan Lembaga Adat. Aparatur desa terdiri dari Kepala Desa, Sekretaris Desa, Kepala Seksi Pemerintahan, Kepala Seksi Pembangunan, Kepala Seksi Kesejahteraan Rakyat, Kepala Seksi Umum dan Kepala Seksi Keuangan.

Karang Taruna Samapta Karya

Laskar Kuda Laut Hadiwarno

Potensi Wisata, Sarana dan Fasilitas umum Di Desa Hadiwarno

Sambil keliling mengenal Desa Hadiwarno yang memiliki beberapa tempat berpotensi untuk di jadikan sebagai lokasi wisata. Beberapa di antaranya telah di jadikan sebagai lokasi wisata.

1. Dusun Taman

Dusun Taman merupakan dusun bagian barat selatan Desa Hadiwarno yang sekaligus batas Desa Hadiwarno dengan Desa Sidomulyo dan Samudera Indonesia.

Perbatasan Desa Hadiwarno Dengan Desa Sidomulyo

Flying Fox Pantai Taman

Flying fox ini merupakan yang terpanjang di Indonesia dengan panjang 450 m. Pertigaan jalan masuk ke lokasi Flying Fox yaitu jalan utama JLS dusun taman menuju Desa Sidomulyo masuk ke selatan. Pengunjung harus mendaki tebing untuk menaikinya. Walaupun butuh perjuangan untuk mencapainya akan tetapi keindahan pantai taman yang tersaji saat berada di atas tebing sangat indah.

Flying Fox

Pertigaan Ke Flying Fox

Flying Fox pantai taman

Kolam Renang / Pemandian Umum

Kolam renang ini berlokasi di Dusun Taman, masih berada satu kawasan dengan Pantai Taman. Walaupun berada pada bibir pantai, kolam renang ini merupakan kolam renang air tawar. Airnya bersumber dari salah satu mata air yang bernama Sendang Ayu, yang berada di dekat tebing.

Kolam Renang Pantai Taman

Pemandian Pantai Taman

Tampak Dari Atas

Madrasah Ibtidaiyah (MI) Sarana pendidikan yang berada di dusun Taman

Sekolah MI Dusun Taman

Pantai Taman

Pantai ini merupakan salah satu pantai yang terdapat di Desa Hadiwarno, tepatnya di Dusun Taman. Sebagian pantai ini telah dikomersilkan menjadi salah satu destinasi pariwisata. sambil menuju ke pantai taman sedikit nonton kiri kanan dulu biar lebih tau keindahan desa Hadiwarno ya. He... he... he...

Pertigaan Masuk Pantai Taman

Jalan Masuk Pantai Taman

Setelah masuk pertigaan jalan menuju ke pantai Taman kita toleh kanan kiri akan menjumpai perumahan penduduk taman, sebelum sampai di pantai taman juga akan menjumpai Masjid. jadi jika dari teman pas posisi di Taman dan waktunya lagi mau menjalankan ibadah sembahyang, ya silahkan ke masjid ini.

Masjid Dusun Taman

Setelah dari masjid kita melaju ke arah selatan terus dan akan menjumpai gerbang loket karcis masuk pantai Taman. dari situ kita sudah mulai merasakan angin semilir sepoi sepoi dan keindahan pasir nan luas.

Loket Karcis Pantai Taman

Di pantai Taman ini juga tersedia fasilitas WC kamar mandi dan Mushola. jadi jika sobat pengunjung pantai Taman ada yang kebelet bisa langsung ke tempat fasilitas tersebut.

Mushola Pantai Taman

Fasilitas Pantai Taman

Pantai Taman

Pantai Taman

Konservasi Penyu

Konservasi penyu berlokasi pada Dusun Taman, masih berada satu kawasan dengan Pantai Taman dan Kolam Renang. Konservasi penyu ini berusaha melestarikan penyu dengan cara membantu penjagaan ketika penyu mendarat, proses penetasan penyu hingga pelepasan tukik. Selain itu, terdapat beberapa ekor penyu yang ditampilkan guna mengenalkan kepada masyarakat akan penyu. Diharapkan nantinya setelah mengenal penyu tumbuh rasa untuk menjaga keberadaan penyu.

Pintu Masuk Konservasi Penyu

Pintu Masuk Konservasi Penyu

Kolam Konservasi Penyu

Konservasi Penyu

2. Dusun Pucung Kulon

Dusun Pucung kulon merupakan dusun bagian utara barat Desa Hadiwarno yang sekaligus perbatasan Desa Hadiwarno dengan Desa Hadiluwh. Balai kantor Desa Hadiwarno terletak di dusun Pucung kulon tepat di sebelah selatan pertigaan besar JLS.

Balai kantor Desa Hadiwarno

Batas Desa Hadiwarno Dengan Desa Hadiluwih

Masjid Dusun Pucung Kulon

Lapangan Pucung Hadiwarno

Pertigaan jls pucung kulon

cindy mart

Gapura Selatan Pucung Kulon

Rumah Bpk. Sutris Kasun Pucung Kulon 2016

3. Dusun Pucung Wetan

Dusun Pucung wetan merupakan dusun yang terletak di sebelah timurnya dusun Pucung kulon.

Masjid Dusun Pucung Wetan

Rumah Kasun Pucung Wetan

Gapura Masuk Pucung Wetan

UD Saleho Toko Bangunan

Jembatan Kangkung Hadiwarno

4. Dusun Kangkung

Dusun Kangkung merupakan dusun yang terletak di sebelah selatan Jembatan utama Desa Hadiwarno. di dusun kangkung ini terdapat pasar, yang mana pasar tersebut di namakan pasar kliwon. karena pasarnya yang paling ramai di gunakan pada pasaran kliwon, sedangkan selain pada pasaran kliwon sepi dan jarang di gunakan. Pasar kliwon ini terletak sebelah selatan barat dari jembatan kangkung.

Gapura Barat Masuk Kangkung

Pasar Kliwon Dusun Kangkung

Masjid Nduri Dusun Kangkung

Rumah Mbah Sital

Jalan ke lokasi tambak udang

Tambak Udang

Di sebelah timur pantai Taman terdapat tambak udang. yang terletak di dekat pancer. lokasi tambak udang sudah masuk dusun Kangkung bukan dusun Taman lagi. tempatnya semula persawahan dan perkebunan yang kemudian di rubah di jadikan tambak udang. nama tempat lokasi tambak udang tersebut adalah Nduri Dusun Kangkung. jalur yang paling mudah untuk menuju ke lokasi tambak yaitu dari perempatan Dusun Damas masuk ke selatan terus sampai pentok, setelah pentok belok ke kiri atau ke arah timur dan akan segera menjumpai banyak banget tambak udang di sana. banyak para penduduk kususnya penduduk Hadiwarno yang pada bekerja di tambak udang ini.

Konservasi Bakau

Konservasi bakau berada pada Dusun Kangkung. Konservasi bakau ini berlangsung pembudidayaan dan penanaman bakau yang bertujuan untuk mencegah terjadinya abrasi. Pada tempat ini terdapat beberapa hewan unik sejenis kepiting. Lokasinya berada di pantai dengan pemandangan yang cukup eksotis.

Pancer (Pandan Kurung)

Terletak di sebelah timur pantai Taman terdapat sungai Pancer dan pandan kurung. suasana di sini amat damai nan indah di kala sore hari jelang terbenamnya sang matahari (Sunset)

Pandan kurung pantai taman

Pancer pantai taman

Pancer pandan kurung

Untuk menuju ke lokasi tambak udang juga bisa lewat gapura dusun kangkung bagian timur, masuk ke selatan terus sampai pentok dan belok kiri ke arah timur.

Gapura timur dusun kangkung

Posyandu serta layanan kesehatan terletak di sebelah timur dari jembatan kangkung.

Pelayanan Kesehatan Hadiwarno

TK Mardi Siwi 1 ini terletak di dusun kangkung sebelah timurnya Posyandu.

TK Mardi Siwi 1 Hadiwarno

Perempatan Dusun Damas ini termasuk jalur yang ramai bahkan rawan kecelakaan, jadi bagi pengguna jalan di jalur ini harap tingkatkan kewaspadaan serta hati hati dalam berkendara di perempatan Damas ini. karena perempatan ini tempat bertemunya jalur dari segala akses lintas di Desa Hadiwarno bagian timur.

Perempatan Damas Ke Selatan
Menuju Lokasi Tambak Udang

5. Dusun Damas

Dusun Damas merupakan dusun yang terletak di sebelah timurnya dusun Kangkung. Tepat di sebelah selatan perempatan dusun Damas akan kita jumpai sarana pendidikan yaitu :

SD N Hadiwarno 2 Dusun Damas

Dari perempatan Damas menuju ke arah timur akan menjumpai restouran yang bernama Diva Resto.

Diva Resto Hadiwarno

Menuju ke timur lagi santai di Jembatan Damas sambil menikmati indahnya alam hijau Persawahan. Di sebelah utara jalan terdapat persawahan dusun Kebondalem, dan di sebelah selatan jalan persawahan dusun Damas.

Jembatan di sini ada 2, Jembatan 1 di sebelah barat dekat sama Diva Resto. yang konon menurut cerita eyang" saya, tepat di sebelah timur Diva Resto ada jembatan ini jaman dulunya teraliri air dari sungai besar utama di lorok yang aliranya berasal dari pertigaan Nduren yang berada di dusun Kebondalem. Sungai Nduren (Kedung Nduren) semasa aku masih jaman sekolah sekitar tahun 90an masih aku rasakan kewingitanya alias ke angkeranya. namun pada tahun itu di kedung pertigaan kali nduren sudah tidak mengalirkan air yang menuju ke jembatan di sebelah timur Diva Resto ini. jadi berasa angkernya cuma di lokasi kedung sungai duren sampai pertigaan Nduren yang pada tengah tengah pertigaan masih terdapat danyangan kala itu. namun seiring perkembangan jaman modern. semua sudah hilang dan di musnahkan. kini semua sudah jadi netral normal tidak ada unsur keangkeran lagi.

Jembatan 1 Barat Damas

Sedangkan Jembatan 2 yaitu jembatan yang berada di sebelah timurnya lagi tidak jauh dari jembatan 1 yang di sebelah barat hanya selang sekitar 50 meter saja. Di bawah jembatan ini banyak terdapat ikan air tawar. dan banyak para penduduk sekitar yang hobi mancing ikan air tawar di sini.

Jembatan 2 Timur Damas

Sawah Kebondalem

Sawah Kebondalem

Rumah Pak Jemari Kebondalem

Di dusun Damas bagian timur selatan jalan raya utama terdapat pulau kecil yang di namakan Puloklepu. pertigaan ke arah selatan di situ tempat kediaman sesepuh putri yang bernama Mbah Boinah. istilah orang jawa "Dukun Pijet Bayi". dan di sebelah utara jalan kita jumpai sarana pendidikan SMK Negeri Ngadirojo.

Puloklepu Mbah Boinah Damas

Di belakang atau sebelah utara SMK Negeri Ngadirojo ini terdapat sumber mata air yang bernama "Sumber Melikan"

SMK Negeri Ngadirojo Pacitan

Lanjut ke timur lagi kita jumpai rumah kediaman Bapak Mesro selaku Kepala Dusun Damas pada periode di tahun 2016. ke timur lagi kita jumpai SMP Negeri 3 Ngadirojo

Rumah Pak Mesro Kasun Dusun Damas 2016

SMP Negeri 3 Ngadirojo Pacitan

Dusun Damas sebenarnya luas sekali, hanya saja sebagian luasnya itu pada sawah dan hutan. oh iya ada yang kurang. daerah dusun Damas yang paling timur dan di huni oleh warga penduduk yaitu daerah yang namanya Tenggong dan Njoho. daerah rumahnya Pak Wakidi. mungkin bagi kalian masih ada yang asing kalau di daerah itu masih tergolong Dusun Damas Desa Hadiwarno, karena memang letaknya yang sudah dekat mepet sama Gemaharjo Desa Pager Kidul, Kecamatan Sudimoro.

Perumahan Tenggong

Sebelum perbatasan dusun Damas Desa Hadiwarno dengan Desa Pager Kidul Kecamatan Sudimoro terdapat pertigaan, yang masuk ke barat itu adalah jalan masuk kawasan perumahan Joho. Dan dusun Damas merupakan dusun paling timur yang sekaligus batas Desa Hadiwarno dengan Desa Pager Kidul Kecamatan Sudimoro.

Jalan Masuk Perumahan Joho

Batas Hadiwarno - Pager Kidul Kecamatan Sudimoro

Pantai Centakan

Pantai centakan ini berada pada Dusun Damas bagian selatan yang di tempuh melewati hutan yang sangat jauh. jalan untuk menuju pantai ini masih belum cukup baik. Tapi terbayarkan dengan pemandangan pantai yang sangat indah.

Pantai Centakan

Goa Surupan

Pacitan dikenal dengan sebutan 1001 goa. Salah satunya berada di Dusun Damas, yaitu Goa Surupan. Goa ini merupakan goa vertikal di mana di dalamnya terdapat aliran air. Salah satu mulut goa berada di dekat persawahan, dan bermuara pada Pantai Centakan. Jika potensi di manfaatkan dengan baik, desa akan berkembang dan desa akan memiliki fungsi bagi daerah lain maupun bagi kota.

6. Dusun Kebondalem

Dusun Kebondalem merupakan dusun yang terletak di sebelah utaranya Dusun Damas dan Dusun Kangkung. Dari perempatan Damas menuju ke utara akan masuk wilayah dusun Kebondalem

Gapura timur dusun Kebondalem

Conter HP & Bengkel MMS

Masjid Dusun Kebondalem
 (Renovasi 2016)

Rumah Pak Rinanto Kebondalem

Mushola Dusun Kebondalem

Rumah Pak Untung & Mas Eko

7. Dusun Bondalem

Dusun Bondalem merupakan dusun yang terletak di sebelah utaranya dusun Kebondalem.

Gapura masuk dusun Bondalem

TK Putra Harapan Hadiwarno

SD Negeri Hadiwarno 1

Mushola Dusun Bondalem

Rumah Tugiyanto Bondalem

Rumah Kasun Bondalem (2017)

8. Dusun Sogo

Dusun Sogo merupakan dusun yang terletak di sebelah baratnya dusun Bondalem dan dusun Doko. dusun sogo adalah dusun yang wilayahnya paling sempit di Desa Hadiwarno. di dusun Sogo ini tidak ada lintasan Jalur Aspal. hanya jalan cor semen saja. pada dusun Sogo sendiri terbagi 2 bagian. bagian 1 berada di sebelah utara, yang bagian 2 di sebelah selatan. yang mana di tengah tengah antara bagian utara dan bagian selatan di tempati oleh dusun Bondalem.

9. Dusun Doko

Dusun Doko merupakan dusun yang terletak di sebelah utaranya dusun Bondalem dan Dusun Sogo.

Gapura masuk dusun Doko

Rumah Pak Mulyono (Kades 2017)

Pos favorit dusun Doko

Gapura masuk RT 01 dusun Doko ini jalan masuk ke Masjid, ke rumah Kasun Doko (2016) dan penduduk situ. penduduk Doko di dominasi wilayah RT 01 karena jumlah warganya paling banyak.

Gapura RT 01 dusun Doko
Note : Jika ada masalah terkait content di blog ini, silahkan anda menghubungi kami.
Contact / Phone / WA : 085203781053