Tentang Desa Bodag Ngadirojo Pacitan

Bodag adalah sebuah desa di kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Indonesia.... Artikel selengkapnya silahkan menuju ke bawah.
Tentang Desa Bodag Ngadirojo Pacitan

Bodag adalah sebuah desa di kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Indonesia. Desa Bodag terletak di bagian utara dari kecamatan Ngadirojo. Desa Bodag mempunyai luas wilayah seluas 370,815 hektar. Karena Desa Bodag merupakan desa pertanian, maka sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani.

Desa Bodag


Geografi

Batas wilayah Desa Bodag :
- Di sebelah Utara berbatasan dengan Desa Tanjung Lor
- Di sebelah Selatan berbatasan dengan Desa Cokrokembang
- Di sebelah Barat berbatasan dengan Desa Ngumbul-Kluwih Kec. Tulakan
- Di sebelah Timur berbatasan dengan Desa Cangkring

Peta Desa Bodag

Sejarah Desa Bodag

Berbagai cerita sejarah yang dikemukakan para sesepuh desa dan beberapa tokoh masyarakat Desa Bodag, dapat kami uraikan secara singkat tentang sejarah asal-usul Desa Bodag. Desa Bodag sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda. Pada masa itu kondisi desa masih sangat terbelakang, karena keadaan desa yang mayoritasdi daerah lereng perbukitan yang kurang subur. Selain itu masyarakat desa tertekan adanya kekuatan fisik penjajah Belanda.

Pada masa itu sudah ada kegiatan pembangunan yang diprakarsai oleh Pemerintah hindia Belanda, Tetapi hanya sebatas pembuatan jalan, pelebaran jalan yang dikerjakan secara gotong royong masyarakat dari tahun 1892 sampai dengan tahun1907. Itu sudah ada pemimpin desa yang disebut Bekel.

Kehidupan masyarakat tentunya masih sangat tradisional sekali namun berkat kegiatan yangdipimpin pamong desa, kondisi desa Bodagtahun demi tahun mulai menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan, sehingga tahun 1955 pamor desa Bodag Mulai tampak.

Adapun Pamong Yang Memimpin Desa bodag adalah sebagai berikut :
Bekel/Lurah :
1. BIRUN : 1907 s/d 1935
2. MUNGADI : 1935 s/d 1955
3. PARNO : 1955 s/d 1989
4. SUPARMAN : 1989 s/d 1998
5. TUMINGAN : 1998 dst.