Layar Tv melebar menyempit setelah ganti FBT (Flyback)


Kebanyakan kasus terbaru dengan penggantian FBT (Flyback) baru yang kita beli dari toko electronic kadang menemui barang yang kurang bagus, karena terlalu banyaknya barang kw imitasi. di saat sekarang justru susah cari barang yang original. oleh karena itu ketika kita pasang terkadang tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan. ada yang hasilnya posisi layar terlalu melebar atau menyempit ke kanan kiri, melebar atau menyempit ke atas bawah. atau bahkan transistor final pada horizontal panas. dari itu semua kita harus bisa atau pandai pandainya untuk mengakali agar barang yang kita pasang bisa jadi sesuai dengan apa yang kita harapkan normal.

Solusi dan tips agar tampilan layar Tv bisa selayaknya normal


Tampilan layar Tv terlalu melebar/menyempit ke kanan, kiri, Atas, bawah, Tidak normal ? berikut solusinya.

Jika kita mendapati tampilan layar terlalu melebar ke kanan kiri bisa kita benahi untuk normal dengan berbagai cara yang sesuai dengan keadaan kurang normalnya. pada Tv modern yang ada fitur seting size horizontal, position horizontal, dsb, kita tinggal masuk sermod, atur dalam menu sermod h-size dll, beres. tapi untuk Tv jadul maupun Tv yang tidak ada setingan size horizontal, position horizontal, dsb, kita wajib untuk mengombinasi atau mengakalinya. coba kita lakukan penggantian nilai capasitor pada H-Out yoke/defleksi yang terhubung ke ground, yang tadinya nilai kecil ganti dengan nila besar. misal ambil contoh : tadinya pakai 400V-224, coba ganti dengan 400V-564, 400V-684, dst. Dalam penggantian capasitor ini Tv harus posisi off (mati). coba test dulu, perubahan pada tampilan size horizontal rubah seberapa, jika masih kurang ya lanjut ke nilai yang lebih besar lagi.
Intinya capasitor makin nilai ukuran besar makin menyempit tampilan ke kanan kiri layarnya.
Kita juga bisa memanfaatkan trafo kusus oprek horizontal size, ini biasa di gunakan untuk menganibal crt bekas monitor alias al hasil Tv rakitan itu loh. atau kita bisa melilit sendiri pada ferit dan sesuaikan dengan keadaan kurang melebar atau kurang menyempit pada kasus yang terjadi.

Jika kita mendapati tampilan layar terlalu menyempit ke kanan kiri bisa kita benahi untuk normal dengan berbagai cara yang sesuai dengan keadaan kurang normalnya. pada Tv modern yang ada fitur seting size horizontal,position horizontal,dsb, kita tinggal masuk sermod, atur dalam menu sermod h-size dll, beres. tapi untuk Tv jadul maupun Tv yang tidak ada setingan size horizontal,position horizontal, dsb, kita wajib untuk mengombinasi atau mengakalinya. coba kita lakukan penggantian nilai capasitor pada H-Out yoke/defleksi yang terhubung ke ground, yang tadinya nilai kecil ganti dengan nila besar. misal ambil contoh : tadinya pakai 400V-224, coba ganti dengan 400V-564, 400V-684, dst. Dalam penggantian capasitor ini Tv harus posisi off (mati). coba test dulu, perubahan pada tampilan size horizontal rubah seberapa, jika masih kurang ya lanjut ke nilai yang lebih besar lagi.
Intinya capasitor nilai ukuran makin kecil makin melebar tampilan ke kanan kiri layarnya.
Kita juga bisa memanfaatkan trafo kusus oprek horizontal size, ini biasa di gunakan untuk menganibal crt bekas monitor alias al hasil Tv rakitan itu loh. atau kita bisa melilit sendiri pada ferit dan sesuaikan dengan keadaan kurang melebar atau kurang menyempit pada kasus yang terjadi.

Jika kita mendapati keluhan layar terlalu menyempit ke kanan, kiri, atas, bawah, (keliling), biasanya Transistor Horizontal bekerja panas. solusi pertama yang perlu di lakukan adalah penggantian capasitor H-Out colector yang terhubung ke ground. ganti nilai capasitor yang di atas nilai aslinya atau yang lebih besar sesuaikan dengan keadaan keluhan. ambil contoh : misal aslinya 2000V-472 (2KV-472) coba ganti dengan 2000V-882, 2000V-912, dsb. Dalam penggantian capasitor ini Tv harus posisi off (mati). coba test dulu, ada seberapa perubahan.
Intinya capasitor nilai ukuran makin besar semakin melebar keliling tampilan layarnya.
dan transistor horizontal bekerja tidak terlalu panas.

Jika kita mendapati keluhan layar terlalu melebar ke kanan, kiri, atas, bawah, (keliling), Transistor horizontal bekerja dingin. solusi pertama yang perlu di lakukan adalah penggantian capasitor H-Out colector yang terhubung ke ground. ganti nilai capasitor yang di bawah nilai aslinya atau yang lebih kecil sesuaikan dengan keadaan keluhan. ambil contoh : misal aslinya 2000V-912 (2KV-912) 2KV-103, coba ganti dengan 2000V-682, 2000V-512, dsb. Dalam penggantian capasitor ini Tv harus posisi off (mati). coba test dulu, ada seberapa perubahan.
Intinya capasitor nilai ukuran makin kecil semakin menyempit keliling tampilan layarnya.
dan transistor horizontal bekerja agak panas.

Jika kita mendapati keluhan layar terlalu melebar/menyempit ke atas, bawah, yang jelas kurang pas pada proses vertikal. pada perangkat Tv era modern yang sudah ada fitur seting V-Size, P-position, dll gampang banget. cukup masuk sermode dan atur nilai V-Size, P-position, dll, dengan syarat power vertikal beserta eprom dsb dalam keadaan normal. untuk perangkat Tv versi lama cukup cari variabel V-size yang biasanya terletak tidak jauh dari power vertikal, putar atur sesuai dengan keadaan keluhan itu sendiri. jika menemui kejanggalan yang susah belum ada solusi bisa kamu coba dengan mengurangi atau menambah nilai hambatan yang di inputkan ke input power vertikal.

Belajar dan kiat terus belajar agar kita jadi orang yang bisa.

Kiranya cukup sekian dulu berbagi dari Cah kere paling elek sedunia. semoga ada manfaat tuk sobat semua. karena aku juga mau lanjut lembut service malamku. By!!!
NOTE :
Jika ada masalah terkait content di blog ini, Silahkan anda menghubungi kami
Page : Contact
Facebook : Lorok-TM
Phone / WA : 085203781053