Service Mode TV TOSHIBA Berbagai Type

Cara Membuka / Masuk Service Mode TV TOSHIBA Berbagai Type Lengkap dengan data service menunya.... Artikel selengkapnya silahkan menuju ke bawah.
Service Mode TV TOSHIBA Berbagai Type

Salam sejahtera tuk sobat sobat agan semua. masih seperti biasanya, rutinitas aku tetap kerja service electronic. pada saat ini aku lagi membenahi tv Toshiba yang pada dasarnya kerusakan terletak di power vertikal. kerusakan di karenakan tv Toshiba tersebut kemasukan hewan cicak, dan membusuk tepat di power vertikal.

Sewaktu aku baru buka box tvnya, baunya menyengat minta ampun. setelah box terbuka terlihat ada bangkai cicak yang sudah membusuk yang sudah terkerumuni belatung. Langsung saya bawa keluar dari tempat kerja, aku buang cicak membusuk beserta belatungnya ke tempat sampah kemudian ambil minyak lantas ku bakar, biar tidak menyisakan bau meyengat dari bangkai cicak membusuk dan belatung tadi.

Setelah urusan bangkai cicak dan belatung beres, kini tinggal bersihkan mesin Tv Toshiba tadi, ambil tiner, sedikit aku siramkan ke bagian mesin yang tertempel bekas bangkai, aku kuas sedikit demi sedikit sampai mesin betul betul bersih. kemudian aku panasi pakai blower biar cepat kering, terus jemur di sinar matahari untuk beberapa saat biar bersih dan kering full.

Tv aku coba nyalakan, yang tertampil hanya garis melintang vertikal pada layar, aku cek dari regulator untuk asupan 24 volt masih normal, aku cek yoke/defleksi juga masih normal. langsung saja aku copot IC power vertikalnya, dan ganti dengan yang baru coba aku nyalakan lagi, ada perubahan pada tampilan layar layar sudah mau tampil, tapi pada posisi kelebaran atas dan bawah masih kurang, atas kurang sekitar 3 cm, dan bawah pun kurang sekitar 3 cm.

Tersibat di benaku, kali ini lebih baik buka service mode dulu, ya siapa tau kurang lebar atas bawahnya layar hanya di pengaruhi setingan vertikal size rubah, gara gara terkena bangkai cicak dan belatung tadi, aku pakai jurus seperti di bawah ini untuk membuka sermode

Cara Masuk Service Mode TV TOSHIBA Berbagai Type :

  • TV posisi on.
  • Tekan Mute di remote.
  • Setelah muncul tampilan mute di layar, tekan Mute lagi dan tahan.
  • Lanjut tekan Menu di panel TV.
  • Setelah muncul service mode lakukan pengaturan seperti biasanya.
  • Terakhir setelah cukup setingan, matikan power remote (Standby) untuk simpan dan keluar, selesai.
Alhamdulillah, setelah aku buka sermode dan lakukan perubahan nilai size vertikal, terus simpan. tv tak matikan dulu, terus tv Toshiba aku nyalakan kembali, hasilnya ternyata normal.

NB :
Jadi kesimpulan nya , jangan tergesa gesa ganti component dulu, kalau memang sebenarnya kerusakan bukan pada component. lebih baik di periksa, di analisa, di logika, serta cermati dulu dengan teliti, coba masuk service mode barangkali ada setingan yang belum pada normalnya. electronic service memang membutuhkan kesabaran yang amat sangat. manakala kita sudah mencapai titik pusing di kepala, alihkan pandangan kita, alihkan kondisi kita pada sesuatu yang menghibur. setelah terasa fresh baru lah di mulai lagi kerjaan electronic'nya.

Salam solder mak nyozzz