Memperbaiki Kebocoran Pada Pipa AC Split Yang Macet


Memperbaiki Kebocoran Freon AC


Satu hal yang bisa menjengkelkan bila satu titik bocor ketemu ternyata ada lagi yang bocor, alhasil freon yang sudah terisi bisa terbuang kembali dengan percuma. Harga freon R22 makin hari makin mahal jika tidak mengikuti cara cara perbaikan AC dengan benar maka akan percuma saja buang buang freon.

Cara mengetahui dan mengatasi kebocoran freon AC

Satu daerah yang rawan kebocoran freon adalah sambungan pipa indoor ke outdoor dan nepel outdoor, bagian ini yang paling mudah terdeteksi kebocorannya, selain di sekitar situ jalur pipa pipa yang lain juga perlu di check.
  • Kebocoran freon umumnya di tandai dengan adanya bekas oli pada daerah yang bocor
  • Isikan AC dengan nitrogen atau freon juga bisa untuk mencari titik kebocoran, karena akan ada tekanan keluar dari pipa yang bocor sehingga memudahkan mencarinya
  • Gunakan busa dengan air sabun untuk mencari titik kebocoran
  • Pada setiap lekukan elblow di check dengan busa sabun
  • Jika busa bergelembung pada pipa ini menandakan pada pipa tersebutlah yang bocor
  • Amplas pipa yang bocor tesebut kemudian di tambal dengan las perak
  • Setelah semua sudah di pastikan tidak ada kebocoran lagi vakum dahulu AC yang akan di isi freon
Kini AC sudah pulih kembali setelah di operasi, freon AC tidak bakalan bocor lagi bila sudah di las, kemungkinan terjadi kebocoran lagi tergantung kekuatan las nya. Dan apabila jalur pipa mengalami kemacetan, mari kita lanjut pada pembahasan berikut di bawah.

FLUSHING (Membersihkan Jalur pipa AC, Indoor & Outdoor)


AC yang pernah mengalami kebocoran di pipa pipa biasanya akan menyebabkan oli pada kompresor naik ke jalur pipa dan mengendap pada indoor juga pada pipa. Endapan oli inilah yang mengakibatkan sirkulasi freon menjadi tidak lancar walaupun kebocorannya sudah dapat teratasi, AC tidak akan dapat mencapai suhu 20 c. Ada cara untuk mengembalikan AC kembali normal seperti baru yaitu dengan cara di Flushing.

Bagaimana cara mengatasi AC yang mampet. Sebelum kita memvonis AC mampet terlebih dahulu kita kenali dulu gejala gejala yang timbul akibat AC mampet.
  • Ukur dengan manifold gauge, jarum pada manifold tidak stabil (kadang naik turun)
  • Terdengar suara berisik (suara desiran air) pada indoor, bila terdapat gejala tersebut segera hubungi tukang service AC terdekat karena bila di biarkan akan mengakibatkan kompresor rusak.

Cara mengatasi AC mampet

Bersihkan AC dan jalur pipa yang menghubungkan antara ke indoor dengan cara di Flushing.

Cara Flushing AC

Pasang manifold, selang kuning pada pipa yang akan di flushing (pipa kecil) hubungkan selang warna biru pada tabung freon. Gunakan freon R11 untuk mengangkat oli ataupun kotoran yang mengendap pada jalur pipa, pasang selang warna merah pada tabung freon R22, buka tabung R11 dan kran (terbuka penuh) agar R11 dapat mengalir ke dalam pipa, setelah R11 masuk kedalam pipa tutup kembali kran dan tabung R11, lanjutkan dengan membuka tabung freon R22 dan kran selang warna merah untuk mendorong R11, tutup dengan tangan pada pipa besar tekan dengan kuat sampai bertekanan tinggi kemudian lepas dan tutup lagi, oli akan larut dengan R11 (lakukan berulang ulang hingga tidak ada sisa freon R11). Lakukan cara tersebut sampai benar benar tidak ada lagi oli pada jalur pipa.

Flushing Outdoor dengan R11

Cutting pipa highpres & lowpres yang terhubunng ke kompresor (untuk menghindari R11 masuk kedalam kompresor) kemudian lakukan flushing seperti cara di atas, jangan lupa ganti filter dan pipa kapiler dengan yang baru. Setelah AC di flashing outdoor & indoor juga jalur pipa yang menghubungkan keduanya pasang kembali AC sebelum di isi freon lakukan vakum pada kompresor agar tidak ada udara yang terjebak di dalamnya yang mengakibatkan AC tidak akan dingin walaupun sudah di flushing. Bila cara tersebut susah untuk di lakukan jalan satu satunya membeli AC yang baru pasti dingin.

Baca Juga : Peralatan Untuk Service AC

Lorok™Saya hoby mengisi waktu luang dengan ngeblog. Situs saya diantaranya : loroktm.com situs dengan konten electronic dan seputaran Pacitan. bestliriklagu.com situs dengan konten kumpulan lirik lagu terbaru dan terbaik.