Pantai Watukarung Pacitan

Pantai Watu Karung Pacitan Jawa Timur. pantai ini adalah pantai yang memiliki kelebihan sebagai tujuan tempat olahraga surfing di Pulau Jawa dan juara dunia surfing pun pernah merasakannya di sini. Obyek Wisata Pantai Watu Karung atau warga sekitar menyebutnya dengan Pantai WK ini berada di ujung perkampungan. Nama Watukarung ini di ambil dari nama desa tempat pantai ini berada, yaitu di Desa Watukarung, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Indonesia.

Pantai Watukarung

Keindahan pantai dan purga para surfer pantai Watukarung Pacitan, pantai cantik dengan ombak berwarna biru kehijauan. Hamparan pasir putihnya terasa sangat lembut yang membentang di seluruh bibir pantai dengan pulau pulau karang yang menghiasi lepas pantainya

Pantai Watukarung, Pacitan_Jatim - 1/div>
Pantai ini terletak tidak jauh dengan Pantai Srau yang berjarak tempuh sekitar 45 menit perjalanan. Karena belum banyak yang mengetahui keberadaan pantai ini, menjadikan pantai ini masih agak sepi dan masih terjaga kelestariannya, kecuali pada hari hari liburan pantai ini akan ramai pengunjung. walaupun garis pantai ini tidak begitu luas.

Pantai Watukarung, Pacitan_Jatim - 2

Di tambah sinar matahari yang bersinar cerah dan langit biru membuat semuanya semakin sempurna. Di balik keindahannya, pantai Watu Karung ternyata memiliki ombak yang luar biasa. Dengan tipe reef break dan dasar laut berupa batu karang, pada saat-saat tertentu pantai Watu Karung bisa menghasilkan barrel yang akan membuat surfer serasa berada di surga. terletak di dusun Watu Karung, kec. Pringkuku, Pacitan.

Pantai Watukarung, Pacitan_Jatim - 3

Watu Karung memang sangat indah, di kejauhan terdapat pemandangan batuan karang besar yang berjejer dan sedikit di hiasi tumbuhan yang berwarna hijau (seperti pulau pulau kecil). Pasir pantai yang putih bersih masih terbebas dari sampah menjadikan pemandangan yang begitu menyegarkan, cangkang cangkang biota laut juga ada di sekitar pasir ini. Air laut yang berwarna hijau di tepian dan jernih membuat karang karang serta biota laut yang berada di bawahnya kelihatan tanpa kita harus menyelam.

Pantai yang langsung berhadapan dengan samudera hindia ini menjadikan pantai ini memiliki ombak yang begitu besar tetapi tidak sampai ke bibir pantai. Keadaan di bibir pantai ombaknya cukup landai sehingga pengunjung bisa bermain main air di pinggiran pantai. Keadaan ombak ini menjadikan pantai ini sebagai spot tempat surfing yang paling cocok. Para pecinta olah raga surfing yang bukan hanya dari negara Indonesia saja, tetapi dari berbagai negara di dunia menjadikan Pantai Watukarung sebagai surga surfing di Indonesia selain di Bali.

Jadi jangan heran apabila waktu berkunjung di sini akan menemui banyak bule yang sedang menaklukan ombak dengan papan seluncurnya. Selain aktifitas surfing, di sana juga akan menemui aktifitas yang di lakukan oleh warga sekitar yaitu memancing di lautan. Tak jauh dari pantai juga ada sebuah dermaga yang di penuhi oleh kapal kapal nelayan dan terdapat tempat pelelangan ikan yang menawarkan hasil tangkapan para nelayan.

Fasilitas dan akomodasi terdapat beberapa coutage sederhana yang berasal dari rumah warga yang di sulap menjadi sebuah penginapan. Jika sampai di pantai yang masih satu spot dengan Pantai Ngalian ini jangan lupa naik ke tebing sebelah barat, karna dari tebing itu keindahan karang dan perairan Pantai Watukarung akan nampak terpampang nyata. Warung warung makanan dan lokasi parkir juga tersedia di pantai ini.

Akses menuju Pantai Watu Karung mempunyai jarak tempuh dari pusat Kota Pacitan kurang lebih berkisar 40 km. Akses jalan menuju ke lokasi bisa di tempuh dengan kendaraan pribadi, baik roda dua maupun roda empat karena belum ada angkutan umum yang khusus menuju lokasi pantai watu karung dari jalan raya.

Bagi pengunjung yang dari arah timur, bisa melewati rute Ponorogo - pacitan yaitu via Ponorogo - Purwantoro - Nawangan - Arjosari - Pacitan.

Atau yang dari arah Trenggalek bisa melewati rute kecamatan Panggul ke barat lewat Sudimoro sampai pertigaan Lorok belok kiri arah JLS menuju Pacitan kota.

Rute menuju ke Pantai Watukarung :

- Dari Pacitan kota melewati jalur bus atau arah Pantai Telengria, sepanjang jalan raya anda akan di suguhi panorama pantai Telengria, karena jalan menuju pantai Watukarung menyusuri di sekitar pinggiran pantai Teleng Ria yang tampak dari atas. Di lanjutkan memasuki hutan lebat milik pemerintah sampai di kecamatan Pringkuku. Setelah sampai pertigaan pilih belok kiri jalurnya sama dengan jalur ke pantai Srau hanya saja ada pertigaan belok kanan sebelum sampai Srau untuk ke Pantai Watukarung. Nanti ada pertigaan lagi pilih belok kiri ikuti terus maka akan sampai di pantai Watukarung, Dan jangan kawatir karna ada penunjuk arah lengkap di setiap persimpangan hingga sampai Pantai ini.

- Kalau dari arah barat Solo atau Jogja sampai pertigaan Punung ikuti arah Goa Gong lalu belok kanan arah Klayar sampai perempatan desa Kalak belok kiri terus aja ikuti jalur utama sampai ketemu pertigaan belok kanan dengan papan penunjuk ke arah "Pantai Watukarung". Jalan lain dari barat juga bisa sampai Punung lurus aja arah Pringkuku sampai pertigaan besar Pringkiku Belok kanan arah jalur roda 6 ke atas, terus aja ikuti sampai pertigaan arah Pantai Srau/Watukarung selanjutnya tinggal ikuti penunjuk arah (seperti dari arah Pacitan Kota).

Meski berada di Pacitan Jawa timur, tapi sebenarnya pantai ini lebih dekat dengan Solo Jawa tengah, dari pada dari kota Surabaya. Jika Anda berangkat dari pusat Pacitan, pantai ini berada di sebelah barat daya. Akses menuju pantai sudah tebilang baik. Jalan yang cukup lebar dengan aspal yang rata rata berkondisi baik akan mengantarkan anda ke Pantai Watu Karung.

Anda akan di suguhkan pemandangan indah dari pohon pohon kelapa. Pohon tersebut berbaris rapi di sepanjang pantai dan berayun, seakan mengajak anda untuk segara masuk ke dalam kawasan pantai. Pasir putihnya yang halus akan menyapa anda ketika pertama kali mengijakkan kaki di pantai ini.

Posisi pantai yang menghadap langsung ke Samudera Hindia membuat ombak yang datang pun cukup tinggi. Hal tersebut yang menjadikannya sebagai spot favorit bagi peselancar. Akan tetapi, anda harus berhati hati, sebab di sepanjang dasar pantai terdapat batu batu karang yang bisa membuat anda teluka. Batu batu karang tersebut terdiri dari berbagai ukuran. Dari yang hanya sebesar kepalan tagan orang dewasa, hingga yang paling besar menyerupai bukit atau Pulau.

Nah, dari atas bukit karang sebelah barat tersebut anda bisa menikmati pemandangan yang berbeda dari Pantai Watu Karung. Jangan tinggalkan bukit ini sebelum sunset datang, karena pada saat itulah pemandangan paling sempurna akan muncul dari kejauhan.

Jika sudah sampai di pantai Watukarung jangan lupa kunjungi juga Pantai Sruni dan Pantai Ngiroboyo yang juga masih berada di satu rangkaian perairan. selain itu juga masih ada spot spot pantai perawan lainya yaitu pantai Ngalian yang ada di sebelah barat dan Pantai Brecak yang ada di sebelah timur lokasi TPI Watukarung.

Untuk lebih mengetahui berbagai tempat wisata di kota Pacitan, silahkan kunjungi berikut :
Lorok™Saya hoby mengisi waktu luang dengan ngeblog. Situs saya diantaranya : loroktm.com situs dengan konten electronic dan seputaran Pacitan. bestliriklagu.com situs dengan konten kumpulan lirik lagu terbaru dan terbaik.