Tentang Desa Wonodadi Kulon Ngadirojo Pacitan

Wonodadi Kulon adalah salah satu desa di kawasan Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Indonesia.... Artikel selengkapnya silahkan menuju ke bawah.
Tentang Desa Wonodadi Kulon Ngadirojo Pacitan

Wonodadi Kulon adalah salah satu desa di kawasan Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Indonesia. terletak + 5 Km ke arah Timur Laut dari kota Kecamatan, Desa Wonodadi kulon merupakan desa terluas kedua di Kecamatan Ngadirojo dengan luas wilayah seluas 891,88 ha.

Desa Wonodadi Kulon


Desa Wonodadi Kulon terdiri dari 7 dusun :
- Dusun Krajan
- Dusun waluhtowo
- Dusun Ketos
- Dusun Cabe
- Dusun Nglurah
- Dusun Katir/Tawang
- Dusun Ngobal/Pager

Geografi

Batas wilayah Desa Wonodadi Kulon :
- Di sebelah Utara berbatasan dengan Desa Wonosobo, Desa Wonokarto
- Di sebelah Selatan berbatasan dengan Desa Wonodadi Wetan, Desa Bogoharjo
- Di sebelah Barat berbatasan dengan Desa Nogosari dan Desa Cangkring
- Di sebelah Timur berbatasan dengan Desa Sumbowo Kec. Sudimoro

Peta Desa Wonodadi Kulon

Sejarah Desa Wonodadi Kulon

Awal Mulanya Wonodadi kulon merupakan wilayah dari kademangan Njayan yang meliputi Tujuh dusun yaitu:

1. Dusun Krajan
2. Dusun waluhtowo
3. Dusun Ketos
4. Dusun Cabe
5. Dusun Nglurah
6. Dusun Katir
7. Dusun Ngobal

Adapun cikal bakal dari kademangan Njayan adalah Pangeran Sanjoyo Rangin yang berasal dari Ponorogo. Seiring dengan berkembangnya jaman, maka Desa wonodadikulon terbentuk dengan Lurah Pertama adalah Noto Semito. Diperkirakan pada saat terbentuk sebagai Desa inilah, wilayah Desa Wonodadikulon berubah menjadi seperti yang sekarang ini yaitu :

1. Dusun Krajan
2. Dusun Waluhtowo
3. Dusun Ketos
4. Dusun Cabe
5. Dusun Nglurah
6. Dusun Tawang
7. Dusun Pager

Lurah Notosemito kemudian digantikan oleh lurah Karsodipuro.Lurah Karsodipuro berhenti digantikan oleh Lurah Warnodijoyo yang masa kepemimpinannya (+ tahun 1935 s/d 1965). Seberhentinya Lurah Warnodijoyo,penggantinya adalah Kasandipuro  (Pjs).Masa kepemimpinan Pjs. Kasan Dipuro ini hanya selama 3 tahun, yang kemudian di adakan pemilihan kepala Desa/Lurah dan yang terpilih adalah Jamal. Lurah/Kepala Desa Jamal ini masa kepemimpinannya sangat lama yaitu mulai tahun 1968 s/d 1999 (31 tahun). Kepala Desa Jamal berhenti karena masa jabatannya habis.

Tahun 1999 ini juga diadakan pemilihan Kepala Desa yang Baru, dan yang terpilih adalah Slamet Widodo.Beliau menjabat sebagai kepala Desa Wonodadikulon tidak lama , hanya sekitar 6 bulan ,yang akhirnya berhenti karena meninggal dunia.Sepeninggal Bapak Slamet Widodo, kemudian digantikan oleh Pjs.Paryadi, Pjs. Sudjarwan.Pada awal tahun 2002, di adakan pemilihan Kepala dan yang terpilih adalah bapak Paryadi S.dan beliau masih menjabat sampai saat ini (akan berakhir masa jabatannya pada bulan Mei tahun 2012).