Sungai Kecil Banyu Tibo Pacitan

Pantai Banyu Tibo terletak di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Pacitan.... Artikel selengkapnya silahkan menuju ke bawah.

Pantai Banyu Tibo adalah salah satu surga tersembunyi di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Pacitan, Jawa Timur. Bagi Anda yang berangkat dari Kota Solo Jawa Tengah, pantai ini bisa di tempuh dengan jarak 110 km.

Sungai kecil yang berada di Banyu Tibo


Pacitan adalah salah satu kabupaten yang memiliki banyak wisata indah. Kabupaten ini terletak di sebelah barat daya Provinsi Jawa Timur, dengan Provinsi Jawa Tengah di perbatasan baratnya. Pacitan juga disebut kota dengan 1001 gua. Karena anda bisa menemukan ribuan gua di Pacitan. Tidak hanya memiliki beberapa gua eksotika, juga memiliki objek wisata pantai yang indah seperti pantai lainnya di Indonesia. Pantai Banyu Tibo adalah salah satu pantai yang indah di Samudra Selatan.

Banyu Tibo adalah frase Jawa untuk air yang jatuh. Tempat ini memiliki air terjun kecil yang jatuh dari sungai di puncak tebing. Nama ini jelas menggambarkan situasi pantai dimana salah satu sudut pantai, di atas batu besar, mengalirkan air terjun yang jatuh langsung ke pantai. Di sebelah kiri dan kanan pantai, ada bebatuan besar yang menjulang dan kokoh, menambahkan eksotis Pantai Banyu Tibo.

Sepintas anda mungkin berpikir bahwa pantai ini sama dengan pantai-pantai yang lainnya, namun ada hal yang unik yang bisa anda temui di sini yaitu adanya air terjun di pinggir pantai, tidak hanya anda bisa bermain air sesuka anda, anda juga bisa bermain di bawah air terjun yang walaupun musim kemarau airnya tidak pernah berhenti. Anda bisa menikmati saat ini bersama teman atau keluarga Anda. Yang menarik, meski air terjun tersebut berada di dekat pantai, airnya tidak asin, karena merupakan air tawar dari sungai dan pegunungan di daerah Pacitan. Selain bermain air, jika suka memancing, anda bisa menangkap ikan di sana. Biasanya setiap petang, Pantai Banyu Tibo ini penuh dengan penduduk setempat yang ingin menangkap ikan. Karena tebing ada di atas pantai, anda bisa mencoba teknik memancing ikan untuk menikmati memancing.

Luas dari Pantai Banyu Tibo sendiri sebenarnya tidak terlalu luas, bahkan jika anda datang saat air laut sedang pasang, anda hanya bisa menikmati pemandangan dari atas tebing. Namun saat air sedang surut anda bisa dengan leluasa bermain di pantai dengan pasir putih kecoklatan yang lembut juga merasakan segarnya air terjun dari dekat. Bebatuan karst yang ada di sekeliling pantai ini juga menambah keindahan alami yang makin membuat para wisatawan jatuh cinta.

Di karenakan letaknya yang agak tersembunyi, pantai ini masih belum banyak di kunjungi oleh banyak orang, jadi manfaatkan hal tersebut karena anda bisa dengan bebas bermain main di pantai tanpa terganggu dengan keramaian.

Fasilitas di Pantai Banyu Tibo

Bagi anda yang berencana untuk mengunjungi Pantai Banyu Tibo, jangan khawatir karena telah ada beberapa fasilitas yang bisa anda temui dan gunakan di sana, seperti:

- Kamar mandi umum

Pastinya kamar mandi menjadi fasilitas yang sering di cari wisatawan jika berkunjung ke pantai karena setelah bermain berjam jam di antara pasir pasir pantai, kita harus membilas badan sebelum melanjutkan perjalanan pulang. Di sini anda bisa dengan mudah menemukan kamar mandi yang juga mempunyai bilik bilik untuk tempat anda berganti pakaian setelah puas bermain di pantai.

- Area parkir

Untuk yang membawa kendaraan pribadi seperti mobil atau motor juga tidak perlu memikirkan di mana anda bisa memarkirkan kendaraan karena di obyek wisata ini telah di sediakan area parkir kendaraan bermotor yang memadai dengan biaya yang murah.

- Warung atau tempat makan

Sehabis berjam jam bermain di bawah guyuran air terjun atau di tepi pantai, anda pasti merasa haus dan juga lapar. Malas menyiapkan bekal makanan dan minuman dari rumah? Tenang saja di sini sudah ada beberapa warung di sekitar Pantai Banyu Tibo yang menyediakan makanan dan minuman bagi para wisatawan. Harganya juga cukup terjangkau.

Meski tempat ini tidak terlalu luas, namun anda masih bisa dengan leluasa mengambil foto. Dengan latar belakang pantai yang indah, anda bisa berfoto bersama keluarga maupun sahabat. Selain itu anda juga bisa mengabadikan pemandangan di sekitar pantai, khususnya di dekat air terjun yang tidak banyak pantai yang memilikinya. Dari atas tebing juga bisa di jadikan spot yang menarik untuk berfoto karena pemandangannya akan lebih jelas. Saat matahari tenggelam juga anda bisa mengabadikan view langit berwarna jingga nan indah yang kontras dengan birunya lautan.

Untuk lebih mengetahui berbagai tempat wisata di kota Pacitan, silahkan kunjungi berikut :
Note : Jika ada masalah terkait content di blog ini, silahkan anda menghubungi kami.
Contact / Phone / WA : 085203781053