Seruling Laut Pantai Klayar Pacitan

Pacitan kabupaten berjuluk kota 1001 goa rupanya memiliki potensi wisata yang berpanorama indah luar biasa. Selain goa Gong yang di nobatkan sebagai goa terindah se Asia tenggara. Rupanya Pacitan masih memiliki sebuah pantai yang di nyatakan sebagai 10 pantai terindah di Indonesia. Dan nama pantai tersebut adalah pantai Klayar.

Seruling Laut Pantai Klayar

Terbentuk dari kikisan abrasi yang menjebak air pasang ke dalam celah karang, Air mancur tersebut berbentuk tegak lurus melewati celah kecil di bagian atas permukaan karang. Ketinggian air mancur tersebut bisa mencapai 10 meter dan menimbulkan seperti gerimis. Konon katanya, penduduk setempat mempercayai kalau air mancur laut ini berkhasiat membuat awet muda.

Selain pantai berpasir putih, Pantai Klayar memiliki fenomena unik yaitu ada sebuah celah di batu karang. Ketika ombak datang dengan cukup deras, sebagian airnya masuk ke bawah batu karang itu dan menyembur ke atas melalui celah seolah sebuah air mancur raksasa alami yang bisa mencapai ketinggian hingga 10an meter. Air mancur ini juga di sertai dengan suara mirip siulan di disaat tertentu sehingga sering di sebut sebagai Seruling Laut atau seruling samudera.

Pantai Klayar yang masih bertetangga dengan Pantai Karang Bolong adalah sebuah pantai dengan pasir putih dan batu karang serta tebing tebing batu dengan berbagai bentuk unik yang mengelilingi. Pantai ini terletak di Pacitan Jawa Timur, Kabupaten yang berbatasan dengan Wonogiri Jawa Tengah. Tepatnya berada di Desa Sendang kecamatan Donorojo. Jaraknya sekitar 40 km ke arah barat dari kota Pacitan

Pantai ini masih segaris dengan Pantai Teleng Ria yang sudah di kelola sebagai tempat wisata terlebih dahulu. Perjalanan menuju ke Pantai Klayar yang melalui jalan berliku liku, naik turun, dan di hiasi dengan deretan bukit bukit, goa goa kecil yang terlihat stalaktit dan stalakmitnya dari pinggir jalan. Objek Wisata Pantai Klayar memiliki garis pantai berpasir putih dengan di hiasi deretan pohon kelapa, serta menjulangnya bukit bukit di pinggir pantai yang bisa di daki oleh wisatawan untuk melihat keindahan Pantai Klayar dari atas bukit.

Satu lagi keunikannya, di deretan tebing karang di sisi timur inilah terdapat karang raksasa dengan pahatan alam yang dari samping tampak mirip seperti bentuk kepala Patung Sphinx di mesir. Pantai Klayar yang masih satu wilayah dengan Pantai Ngiroboyo ini memiliki air laut yang biru dan ombak yang sangat besar, sehingga pengunjung tidak di perbolehkan untuk berenang. Bibir pantai di hiasi tumbuhan pohon kelapa dan gubug gubug/lincak lincak yang beratap daun kering, karang karang di wilayah pasang surut juga masih terawat dengan alami.

Fasilitas di Pantai ini, seperti Toilet umum, warung, Musholla, dan persewaan motor dengan roda empat atau di sebut juga ATV. Warung warung di sini juga menyediakan banyak aneka menu degnan harga yang terbilang relatif murah. Dan wisatawan juga bisa menyusuri karang karang untuk menemukan kerang kerangan (Mollusca), dan bintang laut Echinodermata. Di samping itu juga di sepanjang batuan juga terdapat rumput laut yang tumbuh di sekitar bebatuan.

Dari arah Pacitan pusat kota bisa di tempuh dengan sepeda motor atau mobil sekitar 2 jam perjalanan. Sarana transportasi umum yang di gunakan munuju obyek wisata pantai Klayar umumnya hanya ada pada pagi hari bersama dengan masyarakat saat mau ke pasar di kecamatan Punung kecuali ojek.

Dari arah Yogyakarta ada beberapa rute yang bisa di tempuh untuk menuju ke objek wisata pantai Klayar, tapi rute paling cepat dan sangat di rekomendasikan yaitu dengan mengikuti rute dari daerah Gunung Kidul Yogyakarta. Melalui daerah Wonosari ke pantai Klayar di Pacitan hanya membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam saja.

Untuk mempermudah perjalanan, maka paling enak menggunakan motor sebagai alat transportasinya, karena jalan yang akan di lalui cukup berkelok kelok dan sempit di dekat pantai, sehingga jika menggunakan mobil akan memperlambat perjalanan.

Rute menuju Pacitan dari Gunung Kidul Wonosari seperti berikut:
Wonosari – Pathuk – Kota Wonosari – Pracimantoro – Giribelah – Perbatasan Jateng Jatim – Punung Pacitan – Pantai Klayar.

Rute menuju ke Pantai Klayar dari arah Pacitan kota :

→ Dari pusat Pacitan kota 0 ke arah barat lewat tanjakan Desa Sedeng sampai barat pasar Punung lalu belok kiri arah Goa Gong sampai pertigaan besar terus belok kanan arah Goa Gong, sampai Goa Gong kemudian lanjut arah Desa Kalak sampai perempatan belok kiri terus aja hingga masuk Desa Sendang dan sampai akhirnya bertemu pertigaan ada penunjuk arah ke Klayar, di situ pilih belok kanan dan ikuti jalur utama maka akhirnya sampai juga di Pantai Klayar.

Perjalanan menuju ke pantai Klayar adalah sebuah tantangan bagi mereka yang suka akan kegiatan luar ruangan, karena menjelang dekat Pantai jalan yang harus di akses terbilang sempit dan rusak di beberapa bagian (tapi sudah mulai ada perbaikan). Di tambah lagi, terdapat kelokan tajam serta rute yang naik turun perbukitan dengan tanjakan dan turunan yang cukup ekstrim. Namun demikian, keindahan pemandangan bukit dan lembah hijau akan menemani sepanjang perjalanan.

Pantai ini terbilang masih alami, namun di hari libur tempat ini di padati wisatawan yang kebanyakan dari luar kota. Hamparan pasir putih membentang dengan ombak sejernih kristal memecah di bibir pantai, dan diapit bukit bukit karang di kanan dan kirinya. Setelah berkunjung di Pantai Klayar, jangan lewatkan kunjungi juga Pantai Ngiroboyo dan Pantai Karang Bolong, yang lokasinya saling berdekatan.

Untuk lebih mengetahui berbagai tempat wisata di kota Pacitan, silahkan kunjungi berikut :
Lorok™Saya hoby mengisi waktu luang dengan ngeblog. Situs saya diantaranya : loroktm.com situs dengan konten electronic dan seputaran Pacitan. bestliriklagu.com situs dengan konten kumpulan lirik lagu terbaru dan terbaik.